Selalu ada yang menarik di Museum Macan. Setelah sukses menggelar Pameran Main Getah/Rubberscape, kini museum yang bersemayam di Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersebut kembali menghadirkan proyek keempatnya untuk Proyek Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum Macan.

Berkolaborasi dengan perupa asal Thailand, Mit Jai Inn, proyek berjudul Warna dalam Gua (Color in Cave) ini akan hadir mulai 25 Oktober 2019 hingga Maret 2020. Ruang ini dirancang menyerupai gua warna-warni, di mana anak-anak dapat menjelajahi tiap sudutnya. Konsep gua dipilih oleh sang seniman untuk menstimulasi kreativitas dalam diri tiap anak.

Sebelum memasuki area gua, pengunjung dapat memilih untuk memakai jubah yang berfungsi sebagai kostum. Nantinya, di dalam gua tersedia berbagai aktivitas edukatif yang dapat dilakukan oleh anak bersama orang tua mereka, seperti melukis dinding gua, menciptakan warna unik dalam sebuah kolam warna, menempel dan menyusun bentuk dan warna, menggambar menggunakan “fosil” warna, hingga menemukan pesan-pesan tersembunyi di setiap sisi guanya. Cat akrilik disediakan oleh Tesla Paints, sebuah perusahaan asal Semarang yang menjadi sponsor pendukung aktivitas dalam proyek tersebut.

Baca juga: Pameran Tunggal Pertama Xu Bing di Asia Tenggara; Seni Berubah di Museum Macan

Saat meninggalkan area, pengunjung dapat membawa pulang kain yang diambil dari karya Mit Jai Inn sebagai suvenir. Ia sengaja memberikan kain polos agar pengunjung dapat mewarnainya sesuka hati. “Saya harap area ini dapat menginspirasi anak-anak agar tidak takut untuk berkreasi dan menuangkan beragam ide dan pikiran,” tutur Mit Jai Inn dalam siaran pers yang diterima oleh DestinAsian Indonesia.

Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN: Warna dalam Gua (Color in Cave) ini dapat diakses dengan tiket museum yang berlaku. Namun perlu diingat, untuk memasuki area tersebut, setiap anak harus didampingi oleh orang dewasa.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Museum Macan.