xu bing 3 xu bing xu bing 4 xu bing 2 xu bing 1
Book from the Ground (2003-kini) adalah sebuah proyek yang menggunakan simbol-simbol universal, termasuk tanda-tanda yang sering kita lihat di ruang publik dan kumpulan emoji, untuk membentuk sebuah cerita.

Ini mungkin pameran terbesar dan terunik di Museum Macan untuk 2019. Xu Bing: Thought & Method, pameran retrospektif Xu Bing yang pertama di Asia Tenggara, akan menampilkan lebih dari 60 karya dan proyek penting yang dibuat selama empat dekade.

Xu Bing, seniman asal Tiongkok, terkenal akan eksplorasi artistiknya yang melampaui masa dan kutub peradaban. Di awal kariernya, pria kelahiran Chongqing tersebut mengeksplorasi dimensi budaya, bahasa dan sistem pengetahuan tradisional. Saat tinggal di New York, ia mulai mengombinasikan elemen budaya Barat dan elemen tradisional Tiongkok, juga membahas isu antarbudaya dan membahas topik-topik globalisasi.

Sesuai dengan judulnya, ekshibisi ini memang menampilkan perjalanan karier Xu Bing secara menyeluruh, serta metode dan motivasi di balik gagasan artistiknya. Karya-karya tersebut melintasi berbagai medium, termasuk seni grafis, instalasi, film, dan materi arsip. Beberapa di antaranya bahkan berukuran gigantik, termasuk karpet yang dibentuk dari 660.000 batang rokok, film berisi kompilasi rekaman kamera CCTV, serta instalasi berisi ribuan huruf hasil rekayasa.

Baca juga: Main Karet di Museum MACAN; Seni Berubah di Museum Macan

Akan berlangsung kurang lebih lima bulan, mulai 31 Agustus 2019 hingga 12 Januari 2020, ekshibisi ini merupakan kerja sama antara Museum Macan dengan UCCA Center for Contemporary Art, Beijing, Tiongkok.

Informasi selengkapnya, kunjungi Museum Macan.