Oakwood Residence Hanoi berlokasi di area residensial yang dihuni banyak ekspatriat. (Foto: Oakwood Residence Hanoi)

Oleh Nina Hidayat

Lokasi
Untuk properti debutnya di Ibu Kota Vietnam, Grup Oakwood memilih lokasi yang cukup premium: Distrik Tay Ho, persis di tepi West Lake, sekitar 20 kilometer dari Bandara Noi Bai. Ibarat Kemang versi Hanoi, Tay Ho tersohor sebagai kawasan ekspatriat yang ditaburi apartemen bonafide, supermarket yang menjajakan bahan masak impor, serta restoran yang menawarkan beragam kuliner asing, dari Jepang hingga Meksiko. Dibandingkan distrik lain di jantung Hanoi, Tay Ho juga relatif lebih kalem, hening, dan teratur. Saban pagi, banyak pesepeda dan pelari menyusuri jalan yang melingkari West Lake. Sementara di sore hari, danau megah seluas 500 hektare ini disatroni para pemancing dan remaja lokal. Momen paling ramai di sini ialah hari-hari besar keagamaan ketika banyak warga berziarah ke dua situs sakral yang berdiri di bantaran danau, yakni Kuil Phu Tay Ho dan Pagoda Tran Quoc warisan abad ke-6.  

Lobi Oakwood Residence Hanoi, properti pertama Oakwood di Ibu Kota Vietnam. (Foto: Oakwood Residence Hanoi)

Kamar
Dalam dua menara 16 lantai, Oakwood Residence Hanoi menaungi total 262 kamar berkonsep apartemen yang cocok untuk liburan keluarga dan trip berdurasi panjang. (Harga khusus tersedia untuk paket bulanan.) Unit tipe terkecil, studio, luasnya mulai dari 33 meter persegi, sementara unit isi tiga kamar luasnya 128 meter persegi. Tiap unit dilengkapi area makan, mesin cuci, serta dapur dengan peralatan yang cukup lengkap, termasuk kompor, microwave, pemanggang roti, serta mesin peracik kopi. Sementara kamar mandinya dilengkapi produk perawatan tubuh dari Comfort Zone, merek asal Italia yang membuat produk vegan tanpa silikon, paraben, maupun pewarna. Dari balkon kamar yang dipagari dinding kaca, tamu bisa menyaksikan pemandangan West Lake, salah satu danau paling terkenal di Hanoi. Untuk panorama paling megah, opsi akomodasi ideal ialah griya tawang yang bertengger di lantai puncak.

Baca juga:10 Hotel Legendaris di Asia; Checking In: Pullman Maldives Maamutaa

Kolam renang yang menatap West Lake, danau seluas 500 hektare. (Foto: Oakwood Residence Hanoi)

Fasilitas
Di lantai dasar bangunan terdapat sebuah restoran berkapasitas 132 orang yang dilengkapi satu ruang privat dan bertetangga dengan bar. Sementara di lantai atas terhampar fasilitas andalan infinity pool dengan konsep desain yang unik: berada dalam ruangan, dilapisi dinding kaca, serta dipayungi atap yang bisa dibuka dan ditutup untuk memberi akses cahaya dan menyesuaikan suhu air—cocok untuk mereka yang suka berenang sambil melihat langit tapi enggan tersengat cahaya mentari. Area kolam ini juga dilengkapi bar dan berdekatan dengan pusat kebugaran yang kelak menawarkan kelas yoga dan sepeda. Fasilitas lain yang siap menyusul tahun ini ialah kolam yang bersanding dengan taman.

Dang Thai Mai Street 17 Lane 35, Tay Ho, Hanoi, Vietnam; oakwoodasia.com; mulai dari Rp2.600.000.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi April/Juni 2020 (“Rasa Kombinasi”)