Wabah virus corona (COVID-19) membuat banyak wisatawan memilih untuk menunda rencana bepergian mereka. Merespons hal tersebut, setelah Cathay Pacific resmi menghentikan sejumlah penerbangan menuju Tiongkok, kini perusahaan aviasi terbesar di Hong Kong tersebut mengumumkan bakal memangkas seluruh penerbangan menuju Korsel mulai 1 Maret hingga 28 Maret 2020.

Pasalnya, Korsel menjadi negara terbesar kedua setelah Tiongkok yang terinfeksi virus corona. Sampai berita ini diturunkan, ada sekitar 1.261 kasus, dengan total 12 orang meninggal.

Selain itu, tindakan tersebut juga diambil untuk mematuhi arahan dari pemerintah Hong Kong yang telah membatasi masuknya wisatawan asal Korea ke negaranya. Pembatasan tersebut telah diberlakukan sejak 25 Februari 2020 pukul 06:00 waktu setempat. Warga asing yang memiliki riwayat perjalanan dari Korea dalam 14 hari terakhir juga dilarang memasuki Hong Kong.

Baca juga: Singapore Airlines Batalkan Lebih dari 700 Penerbangan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS juga telah menetapkan travel warning level tiga untuk Korea. Level tersebut memperingati para wisatawan mancanegara untuk menunda seluruh perjalanan ke Korsel.

Dalam keterangan resminya, pihak Cathay Pacific juga telah mengeluarkan pedoman tiket khusus yang membebaskan penumpang dari biaya rerouting, rebooking, dan pengembalian uang untuk pemesanan yang memenuhi syarat.

Informasi selengkapnya, kunjungi Cathay Pacific.