Cara Unik Wina Kurangi Polusi

Kota ini bakal berikan tiket konser gratis ke warganya yang naik transportasi umum. (Foto: Jacek Dylag)

Dua kali dinobatkan menjadi kota paling layak huni di dunia versi Economist Intelligence Unit tidak membuat Wina cepat puas. Meskipun pihak EIU menyatakan bahwa lingkungan dan infrastruktur Wina mencapai skor total hingga 99,1%, namun pemerintah terus berusaha memperbaiki kota mereka. Salah satunya adalah dengan mengurangi polusi udara.

Untuk mencegah terjadinya pemanasan global, baru-baru ini, pemerintah kota Wina mengajak warga lokal untuk mulai membiasakan diri menggunakan transportasi umum. Berbeda dengan Barcelona yang melarang transportasi tua beroperasi di beberapa wilayah guna mereduksi setidaknya 15 persen emisi nitrogen dioksida, Ibu Kota Austria ini justru menjanjikan imbalan menarik bagi warga yang rajin naik transportasi publik.

Pemerintah akan memberikan tiket gratis masuk museum hingga tiket konser. Seperti yang dilansir dari The Independent, program tersebut merupakan bagian dari aplikasi baru yang diluncurkan pada 26 Februari 2020 mendatang. Nantinya, aplikasi tersebut akan melacak moda transportasi yang digunakan. Semakin sedikit menggunakan kendaraan pribadi, dan memilih bepergian menggunakan transportasi umum, sepeda, atau bahkan berjalan kaki, maka pengguna dapat mengumpulkan token budaya.

Baca juga: 10 Kota Paling Layak Huni 2019; Tur Budaya Nan Menarik di Wina

Nantinya, token tersebut dapat ditukarkan dengan tiket gratis ke empat tempat budaya di kota tersebut, seperti museum, ruang pameran, teater, dan konser. Awalnya, aplikasi ini akan diuji coba terlebih dahulu kepada 1.000 pengguna selama enam bulan. Jika berhasil, nantinya skema tersebut akan diluncurkan untuk umum.

Comments