10 Kota Paling Layak Huni 2019

Kali kedua Wina berhasil meraih titel sebagai kota paling layak huni di dunia. (Foto: Jacek Dylag)

Lembaga survei global Economist Intelligence Unit kembali mengungkap juara atas riset mengenai kota yang paling layak huni di dunia. Tahun ini juara ajang survei tahunan tersebut kembali disabet oleh Wina. Ini merupakan tahun kedua Ibu Kota Austria tersebut memenangkan penghargaan bergengsi itu. Sebelumnya posisi tersebut dihuni tujuh tahun berturut-turut oleh kota Melbourne, Australia.

Survei yang dilakukan pada 140 kota tersebut didasarkan pada lima kategori utama yaitu stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Dan sejak dua tahun belakangan, Wina berhasil menawarkan gabungan dari kelima kategori tersebut, sehingga bisa mendapatkan skor total hingga 99,1%. Pihak EIU juga menyebutkan bahwa tingkat kriminalitas di Wina cukup rendah, sehingga menjadi alasan utama mengalahkan kota-kota lain.

Australia dan Kanada mendominasi daftar 10 besar. Melbourne, Sydney, dan Adelaide dinilai memiliki kualitas hidup terbaik di belahan selatan bumi, sedangkan Calgary, Vancouver, dan Toronto menjadi pilihan layak huni di bagian utara bumi. Sementara, kota besar seperti London dan New York hanya menempati posisi 48 dan 58. Hong Kong bercokol di urutan 38 sedangkan Singapura di peringkat 40.

Baca juga: 10 Kota Teraman di Dunia; 10 Kota dengan Biaya Transportasi Publik Termahal

Posisi terbawah diduduki Dhaka, Lagos, dan Damaskus. Ibu Kota Suriah yang dilanda perang ini mempertahankan posisi terakhir selama tujuh tahun terakhir. Berikut daftar 10 kota paling layak huni:

  1. Wina, Austria
  2. Melbourne, Australia
  3. Sydney, Australia
  4. Osaka, Jepang
  5. Calgary, Kanada
  6. Vancouver, Kanada
  7. Toronto, Kanada
  8. Tokyo, Jepang
  9. Kopenhagen, Denmark
  10. Adelaide, Australia

Informasi selengkapnya, kunjungi Economist Intelligence Unit.

Comments