10 Kota Teraman di Dunia

Sejak daftar ini dirilis pada 2015 silam, Tokyo selalu berada di peringkat teratas. (Foto: Cory Schadt)

Selain World Economic Forum (WEF) yang rutin memperbarui daftar negara teraman tiap dua tahun, lembaga survei global Economist Intelligence Unit baru saja merilis Safe Cities Index (SCI) edisi ketiga. Organisasi independen yang merupakan bagian The Economist tersebut menilai 60 kota besar di dunia berdasarkan 40 indikator data yang mencakup empat kategori utama: keamanan digital, keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur, dan keamanan personal.

Hasilnya, kota-kota di negara maju—terutama di Asia Pasifik—mendominasi daftar 10 besar tersebut. Duduk di peringkat pertama dan kedua adalah Tokyo dan Singapura disusul oleh Osaka, Amsterdam, dan Sydney. Tokyo, salah satu kota terpadat di dunia, dianggap aman dari sisi keamanan digital, kesehatan, personal, dan infrastruktur meski warganya kerap diancam bencana gempa bumi.

Baca juga: 10 Negara Teraman untuk Turis Wanita; 20 Negara Teraman di Dunia

Sementara kota-kota di Eropa hanya mampu menyumbangkan dua wakilnya, yakni Amsterdam dan Kopenhagen, karena kedua kota dinilai tetap memiliki tingkat keamanan personal dan kesehatannya yang tinggi. Sedangkan Jakarta masih belum menghasilkan penilaian bagus. Dari 60 kota yang didaftarkan, Jakarta duduk di posisi 53, satu peringkat di bawah New Delhi. Dua posisi terakhir diduduki oleh Caracas dan Lagos. Berikut daftar 10 besar kota teraman di dunia:

  1. Tokyo
  2. Singapura
  3. Osaka
  4. Amsterdam
  5. Sydney
  6. Toronto
  7. Washington
  8. Kopenhagen
  9. Seoul
  10. Melbourne

Informasi selengkapnya, kunjungi Economist Intelligence Unit.

Comments