Dermaga di depan Rimba Orangutan Ecolodge, resor di Kalimantan Tengah yang pernah ditinggali Julia Roberts. (Foto: Nasrudin Ansori)

Mengoleksi 507 hotel, Bali memegang gelar provinsi dengan hotel terbanyak. Akan tetapi, dalam hal pertumbuhan hotel, puncak klasemen sebenarnya dihuni oleh Kalimantan Tengah.

Dari 2015-2019, merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Kalteng menikmati pertumbuhan hotel hingga 138%, tertinggi di Indonesia. Pada 2015, provinsi yang beribukota di Palangka Raya ini mengoleksi hanya delapan hotel. Pada 2019, jumlahnya melonjak jadi 19 unit.   

Pesaing terdekat Kalteng ialah Banten. Pada 2015, provinsi hasil pemekaran ini memiliki hanya 54 hotel. Pada 2019, angkanya meroket 131% menjadi 125 hotel. Kelahiran banyak hotel baru di Tangerang dan Tangerang Selatan melatari kenaikan signifikan itu.

Provinsi lain yang berhasil menembus 10 besar dalam hal pertumbuhan hotel ialah Lampung. Dalam lima tahun, jumlah hotelnya melonjak 120%, dari 10 unit di 2015 menjadi 22 unit di 2019.

JHL Solitaire Gading Serpong, salah satu hotel di Banten yang diresmikan pada 2018. (Foto: Fernando Gomulya/JHL Collections)

Beralih ke dasar tabel, ada tiga provinsi di mana hotelnya justru berkurang, yakni Gorontalo, Maluku, serta provinsi muda Kalimantan Utara. Dibandingkan 2015, jumlah hotel di ketiga lokasi ini malah minus. Gorontalo dan Kaltara kehilangan satu hotel, sementara Maluku kehilangan tiga hotel.

Baca Juga: 10 Provinsi dengan Hotel Terbanyak

Nusa Tenggara Barat, provinsi yang sedang membangkitkan pariwisatanya, juga masuk kelompok pertumbuhan hotel terendah. Dalam lima tahun, NTB memiliki hanya sembilan hotel baru. Cristian Rahadiansyah