Komite Olimpiade Internasional (IOC) baru saja mengumumkan bahwa kota Brisbane di Australia, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pihak IOC mengumumkan kabar ini lewat akun Twitter resmi mereka, @iocmedia. Dalam keterangannya disampaikan bahwa keputusan ini diambil setelah mengadakan pemungutan suara yang berlangsung di Tokyo, Jepang pada hari ini. Selain Indonesia, Australia juga berhasil mengalahkan beberapa kandidat lainnya, seperti Hungaria dan Qatar.

Baca juga: 8 Destinasi Menarik di Australia

Brisbane memenangkan voting setelah dianggap calon tunggal yang mendapat dukungan Future Host Commission IOC. Tawaran dari Brisbane dianggap IOC lebih menjanjikan. Kota ini menawarkan lokasi yang representatif, dukungan dari semua tingkat pemerintahan dan sektor swasta, memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan acara-acara besar, dan didukung oleh faktor cuaca.

Terpilihnya Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas ini menjadikan Australia sebagai negara kedua setelah Amerika Serikat yang sudah tiga kali menjadi tuan rumah di tiga kota berbeda. Sebelumnya Melbourne menjadi tuan rumah pada 1956 dan Sydney pada 2000.