Tahun ini, Bromo Marathon akan kembali digelar, tepatnya pada 10-11 September 2022. (Foto: Kevin Zhang)

Bukan sekadar ajang olahraga, lomba lari telah menjadi bagian dari agenda pariwisata. Contohnya di Bromo. Lewat ajang Bromo Marathon, destinasi ikonis ini rutin mendatangkan beragam pelari dari dalam dan luar negeri untuk berolahraga seraya menikmati alam pegunungan Bromo.

Tahun ini, Bromo Marathon akan kembali digelar, tepatnya pada 10-11 September 2022. Ada lima kategori yang dilombakan, yakni Full Marathon 42 km, Half Marathon 21 km, 10K, 5K, plus 2.5K khusus anak-anak.

Maraton ini memadukan road race atau trail-run race, dengan komposisi sekitar 80% jalan aspal dan 20% jalur tanah. Rutenya juga melibatkan medan perbukitan dengan ketinggian bervariasi.

Plataran Bromo akan menghadirkan Plataran Bromo Xtravaganza, pergelaran ini memadukan pentas budaya dan musik dalam format daring dan luring. (Foto: Plataran Bromo)

Bersamaan dengan Bromo Marathon, Plataran Bromo akan menghadirkan Plataran Bromo Xtravaganza. Pergelaran ini memadukan pentas budaya dan musik dalam format daring dan luring. Puncak acaranya ialah konser musik di Putri Dewi Amphitheatre, dengan bintang tamu antara lain Syaharani dan Trie Utami.

Khusus turis yang ingin ikut berlari tapi tak punya energi untuk berkompetisi dalam maraton, Plataran Bromo Xtravaganza akan menanggap Fun Trail dengan rute pendek 2K dan 4K. Juga ikut memeriahkan ajang ini ialah bazar berisi kuliner dan kriya buatan UMKM di Pasuruan. “Event ini merupakan event unik karena menggabungkan sekaligus “musik-sport-alam,” ujar Yozua Makes, CEO Plataran Indonesia, dalam siaran persnya.