by Christina Jacobs 30 April, 2025

Interview: Managing Director of Hong Kong Disneyland Resort dan Keajaiban 20th Anniversary

Di 2025 ini, Hong Kong Disneyland akan merayakan ulangtahunnya yang ke-20 tahun. Berbagai persiapan perayaan sudah dilakukan untuk membuat pestanya makin berkesan. Michael Moriarty, Managing Director of Hong Kong Disneyland Resort dengan DestinAsian Indonesia untuk berbagi keseruan spesial yang akan dihadirkan saat perayaan 20 tahun anniversary mereka.
DestinAsian Indonesia (DAI) : Bagaimana persiapan pesta ulang tahun Hong Kong Disneyland yang ke 20 tahun?
Michael Moriarty (MM): Ulang tahun ke-20 adalah perayaan besar. Ini adalah milestone yang besar untuk semua orang. Kami bukan remaja lagi, tapi menuju dewasa dan kami punya pesta besar untuk perayaan itu. Pestanya akan bertema “The Most Magical Party of All.”
Kami punya undangan istimewa kepada semua orang di dunia untuk datang ke pesta kami. Pesta dimulai pada 28 Juni 2025 di musim panas dan berlangsung selama 1 tahun penuh.
DAI: Apa saja highlight pestanya?
MM: Akan ada banyak hal yang istimewa di perayaan ini. Seluruh area akan memiliki dekorasi khusus ulang tahun dengan gold swirl motif, patung kristal dan lainnya.
Kami akan menghadirkan Castle Stage Show with Disney Friends Live: Party at the Castle!, dengan pertunjukan selamat datang dari Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, and Disney Princesses dengan kostum klasik dan juga kostum baru yang spesial.
Selain itu ada New Signature Parade yang disebut “Friendtastic!” Ini adalah parade terbesar di taman hiburan ini. Akan menghadirkan 11 floats bertema khusus dari Encanto, Zootopia, Turning Red, Toy Story, dan Big Hero 6, para penari, dan pertunjukan interaktif.
Jangan lewatkan pertunjukkan malam paling spektakuler, Momentous: Party in the Night Sky, spesial ulang tahun. Akan ada lebih dari 1,000 drones, kembang api, projection mapping, air terjun, and musik spesial. Kami ingin memastikan, ketika Anda masuk ke Hong Kong Disneyland, Anda akan disambut dengan hangat. Akan ada banyak hal untuk diceritakan, sangat menyenangkan.
Baca Juga: Dine In: Ubud Fine Dining Restaurant, Syrco BASÈ
DAI: Kenapa memulai kampanye ini dari Indonesia? Apakah Indonesia adalah spesial target market untuk Hong Kong Disneyland?
MM: Indonesia menjadi market internasional untuk kampanye Hong Kong Disneyland karena Indonesia adalah key growth market. Salah satu lokal travel partner kami di Indonesia mengungkapkan 45% traveler yang pergi ke Hong Kong also akan membeli ticket Disneyland.
Selain itu, selama 20 tahun ini, kami melihat pertumbuhan impresif dari market Indonesia. Keinginan untuk traveling dan perjalanan itu sendiri ke luar Indonesia ke area Asia Tenggara dan APAC sendiri sangat tinggi.
Selain itu, kami juga punya produk hebat untuk Indonesia, dan ini terbukti bahwa 95% persen orang Indonesia merasa puas datang ke sini. Jadi, kami bisa mengatakan bahwa Indonesia adalah satu dari biggest growing markets kami. Alasannya? Kami adalah Disneyland yang terdekat dengan Indonesia, penerbangan ke Hong Kong juga tak terlalu jauh, termasuk dibandingkan flight ke Jepang.

DAI: Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim. Apakah Disneyland juga memberi perhatian lebih pada hal ini?
MM: Kami melihat tren peningkatan kedatangan pengunjung muslim. Berdasarkan data kami, sekitar 1 dari 5 wisatawan yang datang ke Hong Kong Disneyland berasal dari kalangan wisatawan Muslim, dan jumlah ini bisa lebih tinggi tergantung pada musim dan negara asal. Hal ini terutama karena semakin banyak wisatawan Muslim yang merasa Disneyland adalah destinasi yang inklusif dan nyaman, baik dari sisi hiburan, makanan, maupun pengalaman secara keseluruhan.
Kami menyediakan akomodasi dan layanan yang sangat ramah bagi tamu Muslim, seperti ruang berdoa, dan restoran halal. Tapi kami sadar masih ada ruang untuk peningkatan.
DAI: Bagaimana Anda memastikan semua pengunjung benar-benar merasakan kebahagiaan di “the happiest place in the world”?
MM: Kami menghadirkan suasana perpaduan budaya Timur dan Barat yang khas di Hong Kong Disneyland. Identitas kami sebagai resor bersifat internasional, tercermin dari keberadaan staf (cast members) dan pengunjung yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dengan dukungan bahasa tri-lingual (bahasa Inggris, Mandarin, dan Bahasa lokal). Kami ingin setiap tamu merasa disambut dan dimengerti.
Selain itu, taman kami memiliki suasana yang intim, hangat, dan penuh pesona, yang kami gambarkan dengan kata charming dan enchantment. Kami ingin setiap tamu pergi dengan hati yang senang, merasa terhubung, dan membawa pulang pengalaman yang benar-benar berkesan. Inilah yang membuat Disneyland berbeda dan dicintai oleh semua kalangan.
Baca Juga: Mengistirahatkan Tubuh, Menenangkan Jiwa dengan SWAY
DAI: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Hong Kong Disneyland?
MM: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Hong Kong Disneyland adalah pada kuartal pertama (Januari–Maret) dan kuartal keempat (Oktober–Desember). Bulan-bulan ini memiliki cuaca yang lebih sejuk dan nyaman, terutama dibandingkan bulan Juni dan Juli yang sangat panas di Hong Kong.
Selain itu, data menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia paling banyak datang pada periode Q1 dan Q4, sehingga momen tersebut sangat ideal untuk menikmati taman dengan nyaman sambil merasakan musim dingin yang menyenangkan. Di ulang tahun ke-20 ini juga jadi momen yang tepat berkunjung, terutama bagi yang belum pernah ke Hong Kong Disneyland.
DAI: Salah satu kekhawatiran para tamu di Disneyland adalah antrean yang panjang di berbagai wahana. Bagaimana Anda mengantisipasinya?
MM: Kami memiliki beberapa solusi untuk mengurangi waktu antre. kami juga menerapkan sistem reservasi tiket berdasarkan tanggal, untuk mengatur jumlah pengunjung setiap harinya. Tujuannya adalah menjaga kenyamanan dan menjamin pengalaman yang menyenangkan dan bernilai bagi setiap tamu. Hasilnya, tingkat kepuasan pengunjung di Hong Kong Disneyland kini mencapai rekor tertinggi, dengan 92% tamu menyatakan puas terhadap nilai uang yang mereka keluarkan.
Selain itu, salah satunya adalah dengan Disney Premier Access (DPA). Ini adalah layanan berbayar yang memungkinkan tamu untuk mengakses wahana populer tanpa harus antre panjang, dan bisa dibeli sebelum keberangkatan melalui mitra perjalanan kami di Indonesia. Dengan DPA, Anda bisa memastikan untuk menikmati atraksi-atraksi utama, bahkan dalam satu hari penuh.

DAI: Jika hanya punya satu hari di Hong Kong Disneyland, atraksi apa saja yang paling direkomendasikan agar tidak merasa kewalahan tapi tetap puas?
MM: Kalau hanya punya satu hari, jangan khawatir. Hong Kong Disneyland punya banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan waktu dan preferensi Anda. Tapi yang paling direkomendasikan adalah:
- World of Frozen – Ini adalah atraksi baru yang menjadi favorit tamu asal Indonesia. Kalau Anda menginap di hotel Disney, Anda bisa ikut program Early Park Entry untuk masuk 1 jam lebih awal, sehingga bisa menikmati area ini tanpa antre panjang.
- Momentous: Party in the Night Sky – Pertunjukan malam yang penuh emosi dan teknologi canggih seperti proyeksi, air mancur, dan musik yang menyentuh hati. Wajib ditonton!
- Marvel Zone – Satu-satunya area Marvel di Asia dengan wahana seperti Iron Man Experience dan Ant-Man and The Wasp: Nano Battle!, hanya ada di Hong Kong Disneyland.
- Mystic Manor & Grizzly Gulch – Atraksi ikonik dan unik yang tidak ada di Disneyland lain.
- Pertunjukan Panggung – Seperti Festival of the Lion King dan Mickey and the Wondrous Book, dengan kualitas setara Broadway.
Kalau ingin lebih santai, banyak tamu dari Indonesia memilih menginap 2 malam agar bisa masuk-keluar taman hiburan. Dimulai dari sarapan pagi di hotel, lalu masuk paling awal, istirahat siang di hotel, bahkan ganti kostum untuk berfoto. Hotel Disney juga menawarkan aktivitas menarik seperti Tai Chi dengan Goofy, sarapan karakter, hingga kolam renang untuk bersantai.
Baca Juga: Okuzono Japanese Dining Hadirkan Petualangan Rasa dalam UMO Journey
DAI: What’s Next for Hong Kong Disneyland?
MM: Tujuan kami adalah untuk membuat dunia menjadi lebih baik dengan menciptakan kebahagiaan. Dengan perayaan ke-20 ini kami semakin berkomitmen untuk membuat semua tamu, khususnya Indonesia, merasa disambut, diperhatikan, dan terinspirasi.
Saat ini kami sudah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham untuk melanjutkan pengembangan Hong Kong Disneyland. Setelah perayaan ulang tahun ke-20 ini, kami akan menghadirkan atraksi baru yang akan diumumkan lebih lanjut.
Salah satu yang sudah bisa kami bagikan adalah hadirnya Pixar Entertainment Experience — sebuah perluasan dari Toy Story Land, yang tidak hanya menghadirkan karakter dari Toy Story, tapi juga berbagai karakter ikonik lainnya dari Pixar. Ada juga yang baru dari Marvel. Zona bertema Marvel saat ini tetap menjadi daya tarik utama bagi tamu asal Indonesia, dan pengembangan lebih lanjut sedang dalam proses.