web analytics
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aksi Liam Nichols di The British Soiree Encore Raffles Jakarta

The British Soirée Encore kembali menggandeng Chef Liam Nichols. (Foto: Raffles Jakarta)

Setelah sukses dengan British Soirée pertamanya, Raffles Jakarta kembali menggandeng chef Michelin asal London, Liam Nichols dalam The British Soirée Encore pada 20 September 2024.

Chef Liam memiliki pengalaman di Midsummer House dan Sat Bains Restaurant yang masing-masing meraih dua Michelin star. Kariernya berlanjut sebagai Head Chef di restoran STORE London yang juga telah meraih Michelin star.

British Soiree kedua Liam berlangsung di The Dining Room. Dalam nuansa pencahayaan minim khas fine dining, dia dan timnya beraksi di dapur terbuka menyusun elemen-elemen makanan di atas beberapa piring.

Beberapa potong roti beroles selai marmite dan salted butter jadi santapan pertama saya sebelum melanjutkan ke hidangan lainnya. Sesi ini dibuka dengan menu perkeju-an. Ada Marmite Choux Bun bertabur keju yang berpadu menciptakan rasa gurih yang kuat, disusul dengan Blue Cheese Sable, blue cheese yang diapit dengan sable cookies yang renyah.

Baca Juga: Hotel Mövenpick Hadir Perdana di Jakarta

Sembari menunggu, kami melihat kelihaian Liam dan tim dalam menyajikan menu-menu selanjutnya. Dia menyusun Beetroot, Ricotta, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan saus parsley yang berkumpul di atas pie mini, yang akhirnya diantar ke meja santap. Wine pairing dengan 2021 Mazzei Azisa Bianco, Sicilia DOC, menyempurnakan appetizer ini.

Bergeser ke menu selanjutnya: Lobster | Tomato Tartare | Tomato butter sauce. Ada banyak elemen di dalamnya, menghadirkan tekstur yang unik dalam setiap kunyahan. “Tomato tartar, red pepper panzanella with pine nuts, capers, olive oil, some croutons, and then a tomato butter sauce,” ujar Chef Liam menjelaskan lebih detail komposisinya. Menu ini disajikan bersama 2021 Mazzei Belguardo Rose, IGT Toscana yang terasa lebih intens, tidak terlalu manis.

Selanjutnya, Salmon | Pea puree | Mussel memberikan cita rasa yang manis dan creamy di mulut. Salmonnya yang lembut dan segar terasa semakin mewah karena dimakan bersama pea puree dan taburan caviar di atasnya. 2021 Mazzei Belguardo Vermentino, IGT Toscana melengkapi rasa pada menu ini.

Baca Juga : Trade Talk: Steph Underwood, Acting Managing Director Tourism Western Australia

Hidangan utama kemudian disajikan, Fillet of beef | Ratatouille | Bordelaise. Di atas sebuah piring besar, krim bordelaisse di sajikan membentuk polkadot kecil yang tersebar di seluruh permukaan piring. Di tengah-tengahnya terdapat sepotong daging empuk dengan hint smokey dan umami dari ratatouillenya. Potongan kentang dan wortel juga hadir sebagai penyeimbang rasa dan nutrisi.

Petualangan rasa kala itu ditutup oleh Chocolate | Peanut | Crème fraiche, sepotong cake berisi selai kacang dan cokelat dengan kepingan karamel, sebutir kacang, dan krim di atasnya. Rasa manisnya yang pas menutup sesi santap kala itu dengan apik.

Akan ada lima hidangan dalam sesi British Soiree Encore. (Foto: Raffles Jakarta)

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment