The Jacksons bakal tampil di Java Jazz Festival pada 29 Februari 2020.

Java Jazz Festival
28 Februari-1 Maret
Saat dirintis pada 2005, JJF memikat sekitar 47.000 penonton. Tahun lalu, di JIExpo Kemayoran, lebih dari 100.000 orang menghadirinya untuk menyaksikan antara lain Toto, Raveena, Afgan, dan Kahitna. Seperti terlihat dari daftar bintang tamunya, festival jazz ini sejatinya menghidangkan musik dari beragam aliran. javajazzfestival.com.

Edisi kedua JIPFest akan digelar selama 17 hari. (Foto: Michael Christianto Budiman)

Jakarta International Photo Festival
26 Juni-12 Juli
Mengusung tema Space, edisi kedua JIPFest mengeksplorasi isu kontemporer terkait urbanisasi, migrasi, hingga batas privasi di era digital. Tahun lalu, hajatan foto kolosal ini menghadirkan 64 acara dan 70 bintang tamu dari delapan negara, termasuk Shahidul Alam, Teun van der Heijden, serta Marina Vitaglione. jipfest.com.

Mega Mendung karya Fitri Setyaningsih dalam SIPFest 2016. (Foto: Witjak Widhi Cahya)

Salihara International Performing Arts Festival
1-30 Agustus
Grup tari dan teater asal Australia, Prancis, Taiwan, Kanada, Belgia, dan Indonesia menghadiri SIPFest 2018. Selain pertunjukan, ajang biennial ini menghadirkan ceramah dan pameran instalasi. Festival lain garapan Salihara ialah Literature & Ideas Festival yang lazimnya bergulir di Oktober. salihara.org.

Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival
16-22 Agustus
Bagi penggemar film, festival yang patut masuk target ialah Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival asuhan Forum Lenteng. Juga layak ditunggu, Jakarta International Film Festival yang kabarnya akan kembali di 2020, serta Europe on Screen yang tahun ini genap berusia dua dekade. arkipel.org.

Tahun ini, Synchronize Festival digelar mulai dari 2 hingga 4 Oktober.

Synchronize Festival
2-4 Oktober
Dirintis sebagai festival EDM, Synchronize Fest berkembang jadi hajatan multi-genre yang dihadiri musisi lintas generasi. Tahun lalu, artisnya antara lain Burgerkill, Didi Kempot, Gugun Blues Shelter, dan Tulus. Pesaingnya, We The Fest, juga menampilkan beragam aliran, tapi dengan tamu asing yang lebih variatif. Khusus musisi lawas, The 90s Festival merupakan yang terbesar di Indonesia. synchronizefestival.com.

Zach King pernah hadir di acara Ideafest 2019.

Ideafest
Oktober
Tahun lalu, wadah kenduri bagi  pelaku industri kreatif ini menghadirkan antara lain Joko Anwar, Zach King, Tom Kelley, Ernest Prakasa, serta Mira Lesmana. Acara dalam Ideafest meliputi antara lain konferensi, diskusi, serta pentas musik. ideafest.id.

JCF biasanya selalu menghadirkan rangkaian acara menarik, mulai dari demo masak hingga diskusi seputar kuliner.

Jakarta Culinary Feastival
Oktober
Pesta kuliner ini menampilkan antara lain demo masak, lokakarya, wine tasting, diskusi, serta bursa kuliner yang disebar di dua tenda di pelataran mal Senayan City. Ajang kuliner anual lain di Ibu Kota ialah Festival Kuliner Nusantara, Jakarta Fashion & Food Festival, serta Festival Jajanan Bango. jakartaculinaryfeastival.com.

DWP dulu dirintis pada 2008 dengan nama Blowfish Warehouse Project. (Foto: Drew Ressler)

Djakarta Warehouse Project
Desember
Usai merayakan ulang tahun ke-10 di Bali, DWP mudik ke Jakarta pada 2019 dengan mendatangkan Calvin Harris, Martin Garrix, Skrillex, serta Jonas Blue. Pesaingnya di kutub EDM ialah SHVR Ground Festival. Tahun lalu, ajang yang bergulir di ICE BSD ini menampilkan Afrojack, Above & Beyond, serta Orjan Nilsen. djakartawarehouse.com.

Street Dealin
Desember
Dimulai pada 2011 sebagai bursa seni khusus seniman jalanan, Street Dealin merekah menjadi festival grafiti terbesar di Asia Tenggara yang melibatkan banyak artis internasional. Ajang ini digarap oleh Gardu House, komunitas yang dibentuk oleh sekelompok alumnus kampus Inter-Studi Jakarta.