8 Situs Retret Filipina

Kiri-kanan: Chi, fasilitas spa di Shangri-La’s Boracay Resort; bersantai di kolam renang Shangri-La’s Boracay Resort.

Shangri-La’s Boracay Resort & Spa – Boracay
Menyuguhkan perairan tenang berwarna turkuois dan pantai pasir putih berbentuk bulan sabit, Banyugan di barat laut Boracay adalah kandidat terkuat untuk merebut titel pantai tercantik di Filipina. Dan berbeda dari mayoritas pantai di Boracay, Banyugan relatif steril dari kerumunan rumah atau properti, mirip dengan tetangganya, Punta Bunga, yang menjadi wadah ideal untuk olahraga air atau sesi pelesir romantis.

Di Banyugan yang karismatik itulah Shangri-La meresmikan resornya empat tahun silam. Kompleks ini menampung 219 kamar dan suite yang bertaburan di kedua sisi lobi semi terbuka dan dihiasi elemen-elemen lokal seperti kerang capiz dan rotan. Prosesi matahari terbenam di horizon Laut Sulu bisa disaksikan dari daybed di balkon kamar atau dari geladak Solana Bar sembari menyeruput calamansi daiquiri.

Tips: Pilih vila yang hinggap di lereng rindang gunung untuk mendapatkan perspektif paling panoramik. Vila ini juga dilengkapi butler dan kolam berendam.

63-36/288-4988; shangri-la.com; doubles mulai dari $325.

Salah satu aktifitas yang bisa dicoba oleh tamu di Ariara.

Ariara Island – Palawan
Mengapa harus berbagi surga jika Anda bisa memiliki pulau privat seluas 50 hektare untuk diri sendiri dan teman-teman? Ariara berdaya tampung hanya 18 tamu. Terselip di Kepulauan Calamian, sekitar 260 kilometer arah barat daya Manila, resor yang dimiliki Charles dan Carrie McCulloch ini memberikan tamu kesem-patan untuk menyepi dari kesibukan dan menikmati aneka tawaran resor: meng-arungi laut jernih menaiki kapal pesiar sepanjang 30 meter dan menjajal aneka olahraga bahari seperti jet skiingwindsurfing, memancing, dan snorkeling.

Jika Anda tak suka air, Ariara punya opsi tawaran yang tak kalah menarik: cottage lapang yang berdiri di pantai, atau vila yang teronggok di tengah belantara hijau—semuanya dirancang dalam gaya khas Pinoy oleh arsitek Filipina, Jorge Yulo. Atap penginapan dilapisi ilalang, sedangkan interiornya dihiasi tekstil Mindanao, peti kayu buatan Palawan, serta keramik karya seniman Ugu Bigyan. Dapur resor dipimpin oleh koki asal Swiss, Jacqueline Alleje. Beberapa menu racikannya adalah selada berisi jeruk pomelo dan arugula, cumi campur cabai, udang dengan sake dan saus kedelai, sup pedas berisi labu dan kelapa, serta es krim dengan pisang dan kacang mete. Semua harga makanan sudah inklusif dalam tarif kamar. Sekitar 30 staf di pulau ini dengan senang hati akan membantu Anda menyusun agenda harian, mulai dari manikur hingga kelas yoga.

Tips: Bagi mereka yang berjiwa petualang, speedboat milik Ariara bisa dipakai untuk melacak sisa-sisa benteng Spanyol dari abad ke-17.

ariaraisland.com; pulau bisa secara eksklusif dinikmati dengan harga $395 per orang per malam, inklusif makanan, dengan masa tinggal minimum tujuh malam.

Comments