Gerbang bioskop berkonsep microcinema di Bandara Portland, Amerika Serikat. (Foto: Bill Purcell/Hollywood Theatre)

Andaikan hari ini (27/8) Anda terbang dari Bandara Incheon, Anda bisa menonton film baru Tenet garapan sutradara Christopher Nolan. Bermitra dengan CGV, bandara di Seoul ini menyediakan dua teater yang diklaim sebagai high-end miniflex pertama. Bioskop berkapasitas total 245 kursi ini berlokasi di Terminal 1.  

Incheon bukan satu-satunya gerbang udara yang dilengkapi bioskop. Penumpang bisa menemukannya di sejumlah bandara lain. Bagian dari tren di industri aviasi, kehadiran fasilitas ini bertujuan menghibur penonton, sekaligus menaikkan reputasi bandara sebagai titik transit favorit maskapai.

Bioskop yang memutar film-film blockbuster secara gratis di Bandara Changi, Singapura. (Foto: Cristan R)

Di Singapura, Bandara Changi memiliki dua studio yang memutar film-film blockbuster secara gratis saban harinya, 24 jam nonstop—solusi ampuh menawar jenuh saat penerbangan tertunda. Studio ini berlokasi di samping Sunflower Garden, Terminal 2, serta di dekat Ambassador Transit Lounge, Terminal 3.

Baca Juga: Menonton Pameran Seni di Bandara

Bioskop juga bisa ditemukan di Bandara Indira Gandhi. Kecuali petunjuk tentang lokasinya di Terminal 1-D, tak ada informasi seputar jadwal operasi dan daftar filmnya. Mengutip India Times, bioskop format 6D ini memutar film berdurasi 15 menit dengan tiket seharga 250 rupee (Rp50.000). 

Ruang see18 Film Screening Room di Bandara Minneapolis-Saint Paul (MSP), Amerika Serikat. (Foto: Airport Foundation).

Masih di kawasan Asia, Bandara Hong Kong sempat memiliki IMAX Theatre, tapi kemudian ditutup pada 2019. Sementara di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta pada 2017 meluncurkan Digital Cinema Lounge berkapasitas 12 kursi di Terminal 3. Untuk menonton, tamu cukup menunjukkan tiket.

Berpindah ke Eropa, hanya segelintir bandara yang dilengkapi bioskop, salah satunya Bandara Helsinki. Bioskop bernama jenaka Cinema in HEL ini dipasang di Gate 33. Bentuknya mungil, lebih mirip bilik ketimbang bioskop, sementara kapasitasnya hanya dua orang. Uniknya, film hanya akan tayang otomatis setelah kedua kursi diduduki.

Interior studio berisi 17 kursi di Hollywood Theatre, Bandara Portland. (Foto: Bill Purcell/Hollywood Theatre)

Di Amerika Serikat, pabrik film dunia, bioskop bandara juga minim. Salah satunya bisa ditemukan di Bandara Minneapolis-Saint Paul (MSP). Bagian dari program seni bandara, bioskop bernama see18 Film Screening Room ini memutar hanya film-film indie hasil kurasi MSP Film Society.

Baca Juga: Berapa Jumlah Penumpang Pesawat Selama Pandemi?

Opsi lain di AS ialah Bandara Portland yang menawarkan bioskop berisi 17 kursi. Fasilitas hiburan berkonsep microcinema ini beroperasi gratis sejak tengah hari hingga tengah malam. Pengelolanya, lembaga nirlaba Hollywood Theatre, menayangkan hanya film-film pendek dengan tema terkait negara bagian Oregon. —Cristian Rahadiansyah