Oleh Yohanes Sandy

Hutan Kota by Plataran
Menempati bekas padang golf, Hutan Kota awalnya dipakai sebagai ruang jamuan delegasi Asian Games 2018. Sejak Desember 2019, manajemen Gelora Bung Karno menyerahkan pengelolaan kompleks 3,2 hektare ini kepada Grup Plataran untuk difungsikan sebagai ruang serbaguna dan restoran. Ketiga area utamanya, yang dirancang oleh firma Hadiprana, berdaya tampung hingga 2.000 orang. plataran.com.

Ramayana Terrace yang berada di Hotel Kempinski. (Foto: Hotel Kempinski)

Hotel Indonesia Kempinski
Gedung serbaguna bersejarah Ramayana Terrace dulu kerap dipilih Presiden Soekarno untuk menjamu tamu-tamu agung, seraya memperlihatkan kemegahan Hotel Indonesia yang didirikan untuk menyambut Asian Games 1962. Sekarang, struktur bertopi kubah dengan luas 135 meter persegi ini disewakan untuk pernikahan atau kenduri. Interiornya lapang, tanpa pilar, dengan langit-langit tinggi. kempinski.com.

Gedung Arsip Nasional
Bangunan berarsitektur Indies ini didirikan pada abad ke-18 sebagai kediaman Gubernur Jenderal Reinier de Klerk. Pernah beberapa kali direnovasi dan berganti fungsi, Gedung Arsip Nasional beralih menjadi museum yang bisa disewa untuk pesta pernikahan. Halamannya yang lapang ideal bagi mempelai yang mendambakan konsep pesta tempo dulu. 

Eksterior Hotel Borobudur Jakarta dengan kolam standar Olimpiade.

Hotel Borobudur Jakarta
Menampung taman tropis seluas 9,3 hektare, Hotel Borobudur bagaikan suaka rindang di tengah Jakarta. Keunggulan ini pula yang membuatnya mampu menawarkan pesta pernikahan berkonsep pesta kebun. Selain area outdoor, hotel ini memiliki ballroom berkapasitas 3.000 tamu. hotelborobudur.com.

Grand Hyatt Jakarta
Sesuai namanya, The Residence OnFive berlokasi di lantai lima. Di sini, pesta pernikahan bisa digelar di interiornya, dengan kombinasi area teras yang menyuguhkan panorama lanskap kota. Opsi lain untuk konsep pesta urban di Grand Hyatt ialah The Penthouse, ruang di lantai 26 yang berkapasitas 100 tamu, dengan fitur teras berkonsep rumah kaca. hyatt.com.

Lagoon Garden di The Sultan Hotel & Residence yang didesain lapang dengan langit-langit setinggi sembilan meter.

The Sultan Hotel & Residence
Usai direnovasi secara komprehensif, Golden Ballroom hadir dengan wajah segar dan fitur baru, termasuk teknologi audio visual mutakhir, tanpa melupakan sentuhan Indonesia yang menjadi ciri khasnya. Selain ballroom berkapasitas 2.000 tamu ini, Sultan hotel memiliki Lagoon Garden yang didesain lapang dengan langit-langit setinggi sembilan meter. sultanjakarta.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Maret 2020 (“Pesta Urban”)