Hot Stone Bath di COMO Uma Paro Retreat Bhutan. Healing Hotels of the World menawarkan paket liburan di resor ini. (Foto: Martin Morrell/COMO)

Belakangan, Anda mungkin mendengar banyak orang ingin liburan demi “healing.” Jangan langsung mengiranya sebagai dalih yang mengada-ada. Secara umum, warga Indonesia memang butuh terapi mental. Setidaknya begitu kata survei.

Merujuk World Happiness Report 2022, yang turut mengukur kesehatan mental, kadar kebahagiaan warga Indonesia cukup memprihatinkan: ranking 87, satu tingkat di bawah Libya. Posisinya lebih buruk dibandingkan laporan edisi 2021 dan 2020.

Istilah “healing” memang baru populer sekarang. Tapi kebutuhan ini sudah lama dirasakan. Beruntung, solusinya sudah tersedia. Melimpah pula.

Dunia kini punya banyak tempat untuk rejuvenasi mental. Bentuknya beragam, dari wellness resort, aula meditasi, studio yoga, panti terapi, hingga pusat spiritual. Demi memudahkan publik mencarinya, sudah tersedia booking site dan marketplace khusus liburan “healing.” Berikut empat contohnya:

Paket piknik dari Soneva Fushi, Maladewa, salah satu resor yang tercantum dalam situs web Healing Hotels of the World. (Foto: Richard Waite/Soneva)

Healing Hotels of the World
Konsepnya (dan namanya) mirip Leading Hotels of the World, tapi fokusnya ialah hotel yang tawarkan paket terapi dan kebugaran. Untuk saat ini, ada 75 properti dalam jaringannya, contohnya Kamalaya Koh Samui, COMO Uma Paro Retreat Bhutan, Sukhavati Ayurvedic Retreat Bali, Castel Monastero Spa Retreat Siena, serta Samadhi Wellness Retreat Australia.

Perusahaan yang berpusat di Jerman ini didirikan pada 2006. Selain menjual paket menginap, Healing Hotels of the World menawarkan paket retret, juga layanan konsultasi yang dinamai Healing Concierge. healinghotelsoftheworld.com

Interior kamar di Amanemu. Paket Mindfulness di resor ini ditawarkan oleh Healing Holidays. (Foto: Nacasa & Partners Inc./Aman)

Healing Holidays
Sejumlah merek bonafide, termasuk Aman, Chiva Som, dan Six Senses, tercantum dalam situs web ini. Mayoritas tarif menginap sudah mencakup paket wellness atau healing. Paket Inner & Outer Glow di Euphoria Retreat Yunani misalnya, dibanderol £1.389. Sementara paket lima malam Mindfulness di Amanemu Jepang seharga £7.869.

Healing Holidays memiliki kantor di Inggris dan Australia. Situs web ini didirikan pada 2004 oleh pakar spa Frances Geoghegan. Mengandalkan jaringan sang pendiri pula, Healing Holidays mengklaim punya kemampuan menghubungkan klien dengan pakar terapi kondang. healingholidays.com

Bercita-cita menjadi Airbnb khusus wellness, BookRetreats menyediakan kanal daring untuk mencari guru yoga atau operator retret. (Foto: Oksana Taran)

BookRetreats
Hanya ada segelintir hotel dalam jaringan BookRetreats. Keunggulan situs web ini memang bukan pada koleksi propertinya, melainkan variasi tempat terapinya. Kita bisa menemukan, antara lain, studio yoga, pusat meditasi, sentra kebugaran, hingga aula-aula ibadah yang mengutamakan rejuvenasi jiwa.

BookRetreats, yang berpusat di Amerika Serikat, juga bercita-cita menjadi Airbnb khusus wellness dan healing. Lewat situs web ini, kita bisa melacak guru yoga atau operator retret di sejumlah negara. bookretreats.com

Marketplace Tripaneer menawarkan beragam paket liburan tematik, khususnya wellness dan healing. (Foto: Conscious Design)

Tripaneer
Perusahaan yang bermarkas di Amsterdam ini dirintis pada 2013 sebagai marketplace untuk beragam paket liburan tematik, termasuk kuliner, sepeda, juga berkuda. Tapi fokus utamanya sebenarnya paket wellness dan healing

Tripaneer tidak menjual promo menginap, melainkan paket retret. Jaringannya membentang di lima benua. Tiap kali memilih satu lokasi, akan muncul beragam opsi jenis retret, contohnya yoga, spiritual, meditasi, healing, wellness, hingga juice detox. tripaneer.com