Kereta Gantung Lintas Negara Pertama di Dunia

Berkunjung ke Tiongkok dari Rusia kini hanya membutuhkan waktu tiga menit.

Setelah memiliki jalur kereta Trans-Siberia yang menghubungkan Rusia dan Tiongkok, kini kedua negara berencana mempersingkat waktu tempuh bagi wisatawan yang berencana bepergian dari dan menuju Tiongkok dari Rusia.

Mulai 2020, kereta gantung lintas batas pertama di dunia akan segera dibangun di perbatasan Heihe, Tiongkok dan Blagoveshchensk, Russia, dan melintasi Sungai Amur. Waktu yang ditempuh untuk melakukan perjalanan udara di atas sungai hanya membutuhkan tiga setengah menit, dengan waktu total kurang lebih tujuh setengah menit.  Setiap kapsul dapat mengangkut 60 penumpang dan akan berangkat setiap 15 menit.

Cable car modern berteknologi tinggi yang dikembangkan oleh perusahaan UNStudio asal Belanda yang pernah mendesain kereta gantung di Gothenburg dan Amsterdam. Terminal dibangun menjadi beberapa lantai yang dilengkapi dengan restoran dan taman.

Baca juga: Jalur Kereta Kamboja-Thailand Kembali Dibuka; Maroko Resmikan Kereta Tercepat Pertama di Afrika

Terminal kereta gantung lintas batas pertama di dunia yang menghubungkan Tiongkok dan Rusia.

Kereta gantung ini dinilai lebih efisien dibandingkan transportasi umum lainnya. “Sistem kereta gantung ini menyediakan bentuk baru transportasi publik yang lebih cepat dan efisien,” ujar Ben Ivan Berkel, pendiri UNStudio dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN. “Meskipun sebatas solusi pragmatis, namun kereta gantung juga merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk berpergian. Karena memungkinkan pengunjung untuk menikmati perjalanan dengan cara yang baru.”

Comments