Kiri-kanan: Area meracik kopi di El Atino & Co.; Conchita bun yang menggoda lidah.
Kiri-kanan: Area meracik kopi di El Atino & Co.; Conchita bun yang menggoda lidah.

4. El Atino & Co
Usianya kurang lebih baru setahun, namun sudah cukup digemari oleh warga lokal. Sesuai namanya, El Atino & Co menyediakan hidangan khas Amerika Latin. Interiornya didominasi warna cerah. Musik latin pun senantiasa bergema di seantero ruangan. Restoran ini dilengkapi dengan dapur terbuka sehingga pengunjung bisa dengan leluasa melihat proses memasak. Seringkali aroma makanannya membuat perut meronta minta diisi.

Di sini kopi bukan primadona. Restoran ini lebih fokus pada hidangan yang mengenyangkan perut. Coba pesan conchita bun, yakni hidangan daging babi yang dimasak dengan saus jeruk di atas api kecil kemudian disajikan di atas roti brioche lengkap dengan selada coleslaw, jalapeno, saus barbeku, dan kentang goreng. Porsinya cukup royal dan cocok untuk makan berdua. Uniknya, sang koki sangat terbuka bila pengunjung ingin memesan tingkat kepedasan, asin, atau keasaman yang berbeda-beda. 366 Bridge Road, Richmond; elatino.com.au; buka setiap Selasa-Sabtu 07:00-15:30.

Kiri-kanan: Bagel disajikan dengan beragam pilihan isian; Mile End Bagels menyulap bengkel jadi restoran.
Kiri-kanan: Bagel disajikan dengan beragam pilihan isian; Mile End Bagels menyulap bengkel jadi restoran.

5. Mile End Bagels
Jika dalam setahun terakhir, donat artisanal dengan pilihan topping beragam menjadi primadona di Melbourne, kafe ini justru tidak mengikuti arus. Alih-alih menyajikan donat, kafe yang baru beroperasi pada awal 2016 ini memilih untuk menjual bagel, menu sarapan khas New York City dan Montreal. Mile End Bagels bersemayam di Fitzroy, kawasan paling ramai di Melbourne. Kafe kecil ini bersarang di bangunan bekas bengkel.

Mile End menyediakan empat pilihan bagel, yaitu wijen, poppy, everything, dan kismis kayu manis. Bagel everything adalah perpaduan dari tiga rasa bagel yang tersedia. Bagel bisa disajikan secara polos atau menambahkan selai kacang, selai kacang dan jeli, atau krim keju sebagai isian. Tersedia juga pilihan salmon asap dan daging sapi. Di bagian minuman, kafe ini terlihat serius dalam mengolah menu kopi. Mesin espresso yang digunakan merupakan keluaran paling mutakhir sedangkan biji kopi dikurasi dengan hati-hati. Sayangnya, cappuccino disajikan dalam gelas yang berukuran lebih mungil dibandingkan kafe lainnya. 14 Johnson Street, Fitzroy; mile-end.com.au; buka dari Selasa-Minggu pukul 07:30-15:30.