Gunung Prau
Tanah bersemayamnya para dewa, begitu dunia menjuluki Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini menyimpan banyak objek wisata, mulai dari telaga warna, kompleks candi, hingga “bocah gembel,” yakni anak-anak yang secara misterius lahir dengan rambut gimbal. Bagi pendaki pemula, daya tarik Dieng tentu saja Gunung Prau.

Prau, titik tertinggi di Dieng, bisa didaki dalam waktu tiga jam. Medannya relatif ramah. Uniknya, walau berstatus landmark, gunung setinggi 2.600 meter ini baru marak dijelajahi setelah 2013—dan kini ia menjadi gunung favorit banyak orang. Puncaknya yang berbukit-bukit diselimuti sabana. Di musim semi, karpet hijau ini merekahkan ribuan bunga aneka warna.

Sabana cantik di Gunung Prau.

Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 2.100 meter. Ada beberapa jalur yang bisa digunakan. Yang termudah adalah melalui kawasan wisata Dieng: Dieng Kulon, melalui Homestay Bu Djono, lalu Desa Patak Banteng. Dari puncak Prau, kita bisa melhat dengan jelas sosok Gunung Sindoro dan Sumbing, juga mengintip Ungaran, Telomoyo, Lawu, dan Merbabu di kejauhan. Alokasikan waktu cukup lama di puncak Prau. Panorama sunset terlihat magis dari sini. Di malam hari, kelap-kelip lampu Kota Kendal dan Semarang tampak bagaikan ribuan kunang-kunang.