Sydney Opera House, ikon Australia. Dari data Google Trends, warga negara ini paling sering mencari info pembukaan pariwisata Bali. (Foto: Gez Xavier Mansfield/Unsplash)

Bali bertengger di posisi ketiga dalam daftar destinasi yang paling dicari warga Inggris untuk liburan tahun depan. Pada semester pertama 2020, mereka total 11.650 kali mengetik kata kunci “Bali 2021” dan “Bali holiday 2021” di mesin pencari Google.

Temuan itu dilansir oleh Medical Travel Compared akhir Agustus silam. Web independen pembanding asuransi perjalanan ini menganalisis data Google dari tiap kawasan di Inggris untuk kurun Januari-Juni 2020. Tujuannya menakar minat warga merencanakan liburan di tengah pandemi, serta preferensi tujuan pelesir mereka kelak.

Baca Juga: Negara yang Paling Bergantung Uang Liburan Anda

“Kami melihat permintaan tinggi untuk staycation semenjak pandemi dimulai,” kata Tommy Lloyd, Chief Product Officer Medical Travel Compared, “tapi penelitian kami menunjukkan masyarakat masih mendambakan pengalaman menikmati dunia.”  

Dari hasil studi itu, total ada 10 destinasi yang paling dicari warga Inggris. Maladewa bertengger di posisi puncak, disusul oleh Meksiko. Setelah Bali, ranking keempat dihuni Dubai, diikuti Thailand. “Warga Inggris belum kehilangan gairah berwisata meski beragam aturan PSBB dan karantina diterapkan,” tambah Tommy.

Seorang turis berjemur di Dreamland, Bali. Studi terbaru menyimpulkan Bali adalah destinasi incaran warga Inggris untuk liburan di 2021. (Foto: Devon Daniel/Unsplash)

Tingginya minat warga Inggris melawat Bali sejalan dengan data Google Trends. Untuk kurun Januari-Agustus 2020, Inggris tercantum dalam kelompok 10 besar dalam hal pencarian informasi seputar wisata ke Bali. Khusus kawasan Eropa, negara ini bahkan berada di posisi puncak.

Untuk kata kunci “Bali reopening” misalnya, Inggris berada di posisi ketiga. Khusus kata kunci “travel to Bali,” Inggris masuk ranking keenam. Sedangkan untuk kata kunci “flight to Bali,” ia posisi kedelapan.

Baca Juga: Resto Baru di Bali; Pendiri & Semua Stafnya Korban PHK

Jika melihat data Google Trends secara keseluruhan di 2020, negara yang paling “kangen” Bali ialah Australia, salah satu pemasok reguler turis ke Bali. Di semua kata kunci terkait pembukaan pariwisata dan penerbangan ke Bali, Negara Kanguru berada di puncak tabel. Dua pesaing terdekatnya ialah Singapura dan Selandia Baru. 

Sebagian dari mereka ternyata tak cuma mencari info. Merujuk Badan Pusat Statistik, banyak warga negara-negara itu nekat datang di tengah pandemi. Pada semester pertama 2020, petugas imigrasi Bali menstempel secara kumulatif 602.293 paspor milik warga Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Inggris. –Cristian Rahadiansyah