Kiri-kanan: Pintu masuk di Nick’s Seafood; sajian berbagai hidangan laut (seafood platter) dari Nick’s Seafood yang legendaris. (Foto: Nick’s Seafood)

Kuliner
Orang Australia suka makan. Hal tersebut bukan rahasia lagi. Untuk mencicipi hidangan laut terbaik, mampirlah ke Nick’s Seafood (32-34 The Promenade, Sydney; 612/9279-0122; nicks-seafood.com.au) di Darling Harbour. Restoran yang juga punya cabang di Bondi Beach ini menyajikan fish and chips serta seafood platter yang bisa membuat Anda lupa akan diet. Selesaikan makan Anda ditemani oleh segelas wine pilihan.

Kiri-kanan: Lukisan di tembok batu bata di Mr. Wong. (foto: Mr. Wong); hidangan berbahan dasar udang di Mr. Wong. (Foto: Mr. Wong)

Selain hidangan laut, penduduk Sydney juga sedang tergila-gila dengan restoran independent dengan lokasi tersembunyi. Salah satunya adalah Mr. Wong (3 Bridge Lane, Sydney; 612/9240-3000; merivale.com.au/mrwong). Restoran ini dinobatkan sebagai Best Restaurant in 2012 oleh sebuah surat kabar nasional Australia. Makanan yang disajikan adalah masakan khas Kanton dengan 60 macam pilihan termasuk bebek panggang, sirip ikan hiu palsu serta Abalone dan dim sum. Terletak di gang sempit, Mr. Wong menempati bangunan kuno dua lantai dan mampu menampung hingga 240 tamu. Membuatnya menjadi salah satu restoran terbesar di sisi utara pusat kota Sydney. Meskipun kapasitasnya masif, restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Bila Anda ingin bersantap di sini, reservasi jauh-jauh hari sangat disarankan.

Satu lagi restoran yang patut Anda coba adalah Sydney Tower Buffet (Level 5, Westfield Sydney, 100 Market Street; 612/8223-3800; sydneytowerbuffet.com.au). Berdiri di ketinggian 250 meter, restoran ini menawarkan pemandangan 360 derajat kota Sydney dengan lantainya yang berputar. Ada 40 makanan yang disajikan secara prasmanan.

Kiri-kanan: Berfoto dengan Iron Man di Madame Tussauds; patung aktor Hollywood, Johnny Depp, di Madame Tussauds.

Wisata keluarga
Sydney pun cukup nyaman untuk liburan bersama anak-anak. Bila musim panas, biasanya turis keluarga menghabiskan waktunya di Bondi Beach. Namun bila si kecil bosan dengan aktivitas di pantai yang selalu penuh dengan orang tiap musim panas tersebut, Anda bisa mengajaknya ke museum lilin Madame Tussauds (Aquarium Pier, Darling Harbour; 612/9333-9240; madametussauds.com/sydney). Ini adalah salah satu cabang museum lilin legendaris tersebut dan satu-satunya di Australia. Layaknya museum Madame Tussauds lainnya,  tempat ini menampilkan koleksi-koleksi patung lilin tokoh-tokoh ternama serta bintang Hollywood dengan ukuran sebenarnya.

Seorang anak kecil mengagumi biota laut di SEA Life Sydney Aquarium.
Kiri-kanan: Gordon, salah seorang pemandu menunjukkan seekor emu ke pengunjung kebun binatang; salah satu penghuni Taronga Zoo.

Ingin mengajak si kecil mengenal satwa laut? Di sebelah Madame Tussauds terdapat SEA Life Sydney Aquarium (1-5 Wheat Road, Darling Harbour; 612/8251-7800; sydneyaquarium.com.au). Ada sekitar 12.000 makhluk hidup asal sungai dan kurang lebih 650 spesies laut dipamerkan di sini termasuk platypus hewan mirip bebek yang merupakan binatang asli Australia. Taronga Zoo (Bradley’s Head Road, Mosman; 612/9969-2777; taronga.org.au) bisa menjadi destinasi selanjutnya. Kebun binatang di pinggir laut ini menyimpan 2.500 binatang termasuk binatang asli Australia serta binatang langka. Kebun binatang ini bisa dijangkau dengan menggunakan feri dari pelabuhan Sydney Harbour. Ada baiknya Anda datang menjelang sore hari karena pemandangan matahari terbenamnya sangat indah di sini.

Detail
Sydney

Rute
Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com) terbang tiap hari ke Sydney dari Jakarta.

Penginapan
Salah satu cara terbaik menikmati kota Sydney adalah dengan menginap di pusat kota. Hotel Sydney Harbour Marriott (30 Pitt Street, Sydney; 612/9259-7000; marriott.com; doubles mulai dari $270) hanya berjarak 100 meter dari Sydney Harbour dan stasiun kereta api. Dari sini ke pusat kota pun bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Opsi lainnya adalah The Sebel Pier One (11 Hickson Road, Walsh Bay; 612/8298-9999; sebelpierone.com.au; doubles mulai dari $255) yang sedikit lebih jauh dibandingkan Marriott namun memiliki arsitektur bangunan bagus. Hotel butik di bawah manajemen Accor Group ini menempati bangunan tua di pinggir Sydney Harbour. Meskipun bangunannya berumur ratusan tahun, semua interiornya telah dimodifikasi dengan desain modern tanpa menggilas sentuhan nostalgianya.