Area Tomorrowland di Shanghai Disneyland, taman rekreasi yang memikat 11 juta tamu pada 2019. (Foto: Rony Zakaria)

Disney kembali menjadi juara di cabang taman rekreasi. Dalam daftar 25 taman rekreasi terlaris sejagat pada 2019, Walt Disney Attractions sukses menempatkan 12 wakil. Secara kolektif, mereka menjual lebih dari 155 juta lembar tiket. 

Posisi pertama disabet oleh Magic Kingdom Theme Park di Florida. Kompleks hiburan berusia hampir separuh abad ini menjaring 20 juta tamu—sebuah bukti Cinderella dan Mickey Mouse masih sanggup bersaing di zaman Marvel.  

Podium kedua taman terpopuler diduduki oleh Disneyland Park California, disusul oleh Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea. Taman waralaba Disney lain yang masuk kelompok 25 besar beralamat di Paris, Tiongkok, dan Hong Kong.

The Incredible Hulk Coaster di Universal’s Islands of Adventure, ranking 12 taman rekreasi terlaris. (Foto: Octavian Cantilli/Universal Orlando Resort)

Statistik pengunjung itu dirangkum dalam TEA/AECOM Theme Index 2019 yang dilansir bulan lalu. TEA (Themed Entertainment Association) didirikan pada 1991 dan menaungi 1.600 anggota. Sementara AECOM adalah perusahaan kontraktor yang pernah terlibat di banyak proyek mercusuar, termasuk One World Trade Center, Mercedes-Benz Stadium, serta Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Negara dengan Roller Coaster Terbanyak

TEA/AECOM Theme Index disusun sejak 2006. Taman yang didata tersebar di penjuru bumi, walau klasemen atas konsisten didominasi oleh tiga negara: Amerika Serikat, Jepang, dan Tiongkok.

Di antara ketiganya, dalam hal grafik pengunjung, Tiongkok mencatatkan progres paling signifikan. Pertumbuhan ekonomi negara dan gairah wisata warganya membawa berkah bagi perusahaan hiburan lokal, sekaligus menghadirkan ancaman bagi taman rekreasi di luar negeri.

“Turis Tiongkok mulai berwisata di dalam negeri, sesuatu yang bagus bagi pasar domestik, tapi itu berdampak pada hilangnya pendapatan di negara lain,” jelas Beth Chang, Executive Director Asia-Pacific AECOM, dalam siaran persnya.

Baca Juga: 6 Taman Rekreasi Paling Aneh

Tiongkok juga mulai menggoyang istana magis Disney. Merek-merek lokal mampu bersaing dalam menjala tamu. Chimelong Ocean Kingdom misalnya, mencatatkan hampir 12 juta pengunjung pada 2019, mengalahkan Shanghai Disneyland. Pemain kakap lain di Tiongkok ialah Oct Happy Valley dan Zhengzhou Fantawild Adventure. 

Cinderella Castle di Magic Kingdom Park, taman rekreasi dengan pengunjung terbanyak pada 2019. (Foto: Matt Stroshane/Walt Disney World Resort)

Di luar trio AS, Jepang, dan Tiongkok, taman rekreasi laris bisa ditemukan hanya di segelintir negara, termasuk Korea Selatan, Belanda, serta Jerman. Khusus kawasan Asia Tenggara, satu-satunya tempat yang mampu menjual lebih dari 4,5 juta tiket per tahun ialah Universal Studios Singapore.

Untuk edisi 2019, Indonesia kembali gagal menempatkan satu pun wakil. Dunia Fantasi masuk daftar box office terakhir kali pada 2012. Waktu itu, dengan raihan 2,3 juta pengunjung, Dufan bertengger di ranking 19 kawasan Asia Pasifik, turun dari pencapaian terbaiknya peringkat 11 pada 2009. Cristian Rahadiansyah