Semenjak didirikan perdana pada 1784 di Saint Petersburg, roller coaster telah merambah lima benua. Wahana ini bisa ditemukan di negara kaya ataupun miskin, baik berbentuk republik, monarki, maupun tirani. Bisa dibilang, roller coaster sukses “menyatukan” manusia dalam kesenangan memacu adrenalin—sebuah ikon globalisasi yang paling berisik. 

Dunia kini mengoleksi lebih dari 5.000 roller coaster. Atraksi yang paling tua dan masih beroperasi ialah Leap-The-Dips yang dikonstruksi pada 1902 di Pennsylvania. Sementara yang terbaru ialah Orion yang meluncur perdana pada Juli 2020 di Ohio.

Berhubung penggemarnya masih meningkat, roller coaster baru terus bermunculan. Tahun lalu, 257 roller coaster diresmikan di beragam negara. Tahun ini, 205 wahana dijadwalkan melakoni gunting pita, walau sebagian terpaksa memundurkan debutnya ke 2021 akibat pandemi global. 

Merujuk sensus 173 negara oleh Roller Coaster Database, Tiongkok bertengger di puncak klasemen negara dengan roller coaster terbanyak. Hingga akhir 2019, negara komunis ini memiliki total 1.580 unit wahana. Dua andalannya ialah Python in Bamboo Forest dan Tron di Shanghai Disneyland.

Tron Lightcycle Power Run, roller coaster andalan Shanghai Disneyland. (Foto: Rony Zakaria)

Tiongkok memegang gelar ibu kota roller coaster dunia, tapi ia bukan negara yang paling menggilai wahana ini. Jika dibandingkan dengan populasinya, negara mungil Andorra justru berada di puncak tabel. Di sini, ada satu roller coaster untuk tiap 38.000 orang. Peringkat kedua ialah Denmark dengan satu roller coaster untuk tiap 120.000 warga.

Baca Juga: Roller Coaster Tercepat, Tertinggi, Terpanjang 

Untuk kategori negara dengan roller coaster paling sedikit, daftarnya didominasi negara kecil. Setidaknya 24 negara memiliki hanya satu unit wahana jenis ini, termasuk Afghanistan, Albania, Kamboja, serta Haiti.

Jika melihat penyebaran berdasarkan benuanya, Asia memiliki roller coaster terbanyak. Kolektor kakapnya, selain Tiongkok, adalah Jepang. Negara Asia lain yang punya roller coaster cukup banyak ialah India, Arab Saudi, Vietnam, dan Indonesia.

Khusus Indonesia, jumlah roller coaster mencapai 88 unit yang tersebar di 22 provinsi. Dalam daftar delapan provinsi dengan roller coaster terbanyak, Jawa Timur berada di posisi pertama, disusul oleh Jawa Barat dan Jakarta.  Cristian Rahadiansyah