Halilintar, wahana legendaris Dunia Fantasi, mampu melesat hingga 80 kilometer per jam. Terdengar mendebarkan memang, tapi tidak seberapa dibandingkan Formula Rossa yang memiliki velositas tiga kali lebih cepat—240 kilometer per jam.   

Formula Rossa masih memegang rekor tercepat sejagat. Walau sudah 10 tahun beroperasi, wahana andalan Ferrari World Abu Dhabi ini belum tersaingi. Sensasi 4,8G roller coaster ini pernah dicicipi oleh beberapa sopir Formula 1, termasuk Fernando Alonso dan Sebastian Vettel.

Di peringkat kedua untuk rekor tercepat ialah Kingda Ka. Atraksi ini berlokasi di taman rekreasi Six Flags Great Adventure, New Jersey. Penumpang akan dibawa melaju 205 kilometer per jam dalam tempo 3,5 detik, sebelum kemudian bermanuver bersama adrenalin.

Satu keunggulan lain Kingda Ka ialah tinggi lintasannya yang mencapai 128 meter, berselisih sedikit dari Monas. Dengan catatan itu, Kingda Ka pun menyabet gelar roller coaster terjangkung di dunia. 

Lintasan Ferrari World Abu Dhabi, roller coaster tercepat di dunia. (Foto: Augustine Wong/Unsplash)

Selain dalam aspek kecepatan dan ketinggian, roller coaster juga berkompetisi dalam hal panjang rel. Di kategori ini, puncak klasemen dihuni oleh Steel Dragon 2000 di Nagashima Spa Land, Jepang. Wahana yang diresmikan dua dekade silam ini memiliki panjang lintasan hampir 2,5 kilometer. 

Baca Juga: 15 Negara dengan Roller Coaster Terbanyak 

Pesaing Steel Dragon 2000 ialah The Ultimate di Inggris. Dengan panjang rel 2,2 kilometer, atraksi ini tuntas dinikmati dalam tempo enam menit—sangat lama untuk standar roller coaster. Atas alasan itu pula, penumpang yang mengidap nyeri punggung dilarang naik.   

Melihat seluruh daftar rekor di atas, Amerika Serikat merupakan pusatnya roller coaster paling mendebarkan. Negara ini memiliki total enam roller coaster dalam daftar tercepat, tertinggi, dan terpanjang. 

Baca Juga: 6 Taman Rekreasi Paling Aneh

Sentra uji nyali kedua ialah Jepang. Negara ini punya tiga wakil di kategori tercepat, tertinggi, dan terpanjang, yakni Steel Dragon 2000, Do-Dodonpa, serta Fujiyama. Dua yang terakhir ini berlokasi di Fuji-Q Highland dan tersohor akan keindahan panoramanya—Gunung Fuji.

Jepang memang terkenal punya obsesi pada roller coaster. Negara ini mengoleksi total 214 wahana, terbanyak keempat di dunia. Walau tabiatnya kalem, warga Jepang ternyata menggemari histeria—kecuali tahun ini, lantaran mereka dilarang berteriak demi mencegah penyebaran Covid-19. Cristian Rahadiansyah