Interior Sea Grain yang elegan.

Sea Grain
Sea Grain adalah restoran baru di DoubleTree by Hilton Jakarta yang buka pada Februari 2016. Desainnya mengadopsi gaya rustic modern dan dipecah menjadi dua area: bar dan ruang makan. Dapur Sea Grain dikomandani oleh Ahmad Nurseha, Chef de Cuisine restoran tersebut. Ahmad dengan tim kulinernya menghadirkan hidangan khas Mediterania dengan sentuhan lokal seperti bumbu, bahan masakan, hingga cara metode masak. Salah satu contohnya adalah udang bakar dipadu dengan bumbu rica atau kopi luwak tiramisu yang memanjakan lidah.

Barnya juga menyajikan pilihan menu yang menggoda mulai dari mocktail, koktail, wiski, hingga wine. Salah satu minuman yang wajib dicoba adalah sangria yang menjadi minuman khas Sea Grain. Jl Pegangsaan Timur No.17, Cikini, Jakarta Pusat; 021/3190-4433; hilton.com.

Mi bebek, salah satu hidangan paling laku di Teras Dharmawangsa.

Teras Dharmawangsa
Jika restoran Plataran adalah tempat makan dengan suasana formal, maka Teras Dharmawangsa lebih didedikasikan bagi mereka yang mencintai hidangan Nusantara dengan suasana kasual. Restoran yang merupakan produk terbaru dari grup Plataran Resorts tersebut menawarkan menu autentik Indonesia—ciri khas Plataran—dan Peranakan. Pilihannya pun melimpah, serta dibagi menjadi beberapa kategori seperti mi, nasi, ayam, dan daging. Beberapa hidangan andalan di sini adalah mi bebek, nasi goreng telur asin, ayam char siu, iga cabai hijau, serta masih banyak lagi. Sesuai dengan tema yang lebih kasual, harga makanan dan minuman di sini pun lebih ramah. Dharmawangsa Square, Jl. Dharmawangsa VI No. 38, Jakarta Selatan; 021/2751-3687; plataran.com.

Hidangan okonomiyaki yang jadi andalan Fujin.

Fujin
Fujin adalah produk terbaru dari grup yang memayungi restoran Rayjin Teppanyaki di Bali. Beroperasi sejak November 2015, Fujin mengusung konsep restoran teppanyaki gaya Hiroshima dengan menu andalan okonomiyaki atau panekuk khas Negeri Matahari Terbit. Interiornya didominasi material kayu berwarna terang dengan meja marmer. Di tengah-tengah restoran berdiri dapur terbuka tempat tim dapur meracik hidangan dan minuman. Salah satu daya tarik lainnya adalah koleksi wiski Jepang terbaik yang cukup impresif. Hidangan yang dihadirkan pun wajib diapreasiasi lebih. Seluruh hidangan dimasak menggunakan bahan terbaik. Menu okonomiyaki-nya memiliki cita rasa autentik distingtif. Hidangan populer lainnya yang wajib dipesan diantaranya beef tataki, pork belly syogayaki, serta steik khas Jepang yang dimasak ala teppanyaki disajikan dengan saus spesial. Jl. Gunawarman No. 21, Jakarta Selatan; 021/2751-3838; fujin-id.com.

Interior Momiji bergaya kontemporer.

Momiji
Restoran Jepang ternyata banyak penggemarnya. Kesempatan ini direspon oleh Hotel Aston Priority Simatupang dengan membuka Momiji Japanese Restaurant pada Maret 2016. Momiji memiliki kapasitas 120 tamu dengan desain interior kontemporer. Hidangan yang ditawarkan pun cukup impresif. Tamu bisa menikmati hidangan sashimi segar, sushi, teppanyaki, hingga hidangan pencuci mulut. Momiji buka setiap hari dari pukul 11:00 hingga 14:30 untuk makan siang dan dari pukul 18:30 hingga 22:00 untuk makan malam. Aston Priority Simatupang, Lantai 2, Jl. Let. Jend. T.B. Simatupang Kav. 9, Jakarta Selatan; 021/7883-8777; simatupang.astonhotelsasia.com.

Interior Ruth’s Chris Steak House Jakarta.

Ruth’s Chris Steak House
Ruth’s Chris Steak House adalah restoran steik premium terbaru di Jakarta. Bersemayam di lantai dasar Apartemen Somerset Kuningan, restoran ini diimpor langsung dari New Orleans, Amerika Serikat. Restoran fine dining garapan Ruth Fertel yang pertama kali berdiri 50 tahun yang lalu ini menyajikan hidangan olahan daging premium. Di sini kenikmatan steik tidak bergantung pada saus, namun berkiblat pada racikan sederhana sesuai resep klasik sang pemilik yang memaksimalkan bumbu dasar seperti merica, garam dan mentega. Untuk urusan bahan baku daging, Ruth’s Chris mendatangkan langsung Prime Beef berlabel USDA, yakni daging berkualitas tinggi yang tersohor akan lemak putihnya asal Amerika Serikat. Tiap menu dimasak dalam temperatur 980 derajat celsius, lalu disajikan di atas piring bersuhu 260 derajat celsius. Menu andalan mereka adalah daging rib eye yang tersedia dalam dua ukuran: 340 dan 450 gram. Perlu diingat, restoran ini buka untuk makan siang pukul 12:00-15:00 dan makan malam pukul 17:30-23:00. Somerset Grand Citra, lantai Ground, Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta Pusat; 021/522-1178; ruthschris.com.

Untuk baca restoran baru di Jakarta lainnya, klik di sini.