Bandara Internasional Changi kembali menduduki posisi nomor dua sebagai bandara paling bersih sejagat. (Foto: Darren Nunis)

Dalam daftar bandara terbaik 2022, Haneda Airport bertengger di posisi kedua. Tapi, dalam hal kualitas kebersihan, gerbang internasional Tokyo ini sukses merebut posisi puncak. Ini merupakan gelar ketujuhnya secara berturut-turut. 

Daftar bandara tebersih di dunia dilansir dalam World Airport Awards 2022 yang berlangsung di Passenger Terminal EXPO, Paris. Peringkatnya disusun oleh Skytrax, berdasarkan survei pengguna jasa bandara di lebih dari 550 bandara.

Komposisi daftar ini tak banyak berubah dari tahun lalu. Asia masih dominan. Dari 10 bandara tebersih, delapan beralamat di benua ini. Menempel Haneda, ada Changi Airport di peringkat kedua, disusul oleh Hamad Airport Doha dan Incheon Seoul Airport.

Jepang berjaya dengan menempatkan empat wakilnya. Selain Haneda, ada Tokyo Narita, Kansai, serta Centrair Nagoya. Prestasi ini merupakan testimoni atas kedisiplinan Jepang dalam manajemen kebersihan dan sampah.  

Berikut 10 bandara paling bersih di dunia 2022 menurut survei Skytrax:

  1. Bandara Internasional Tokyo-Haneda (Jepang)
  2. Bandara Internasional Changi (Singapura)
  3. Bandara Internasional Hamad (Qatar)
  4. Bandara Internasional Seoul-Incheon (Korea Selatan)
  5. Bandara Internasional Tokyo-Narita (Jepang)
  6. Bandara Internasional Kansai (Jepang)
  7. Bandara Internasional Nagoya-Chubu Centrair (Jepang)
  8. Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)
  9. Bandara Internasional Zurich (Swiss)
  10. Bandara Internasional Rome-Fiumicino (Italia)