Tak hanya rutin mengumumkan bandara terbaik, ajang prestisius World Airport Awards juga merilis daftar bandara paling bersih di dunia. Daftarnya tak banyak berubah jika dibandingkan tahun lalu. Kali ini, untuk keenam kalinya, Bandara Internasional Haneda kembali dinobatkan menjadi Bandara Paling Bersih Sejagat pada 2021. Isao Takashiro selaku Chairman dan CEO Japan Airport Terminal Co.,Ltd di Bandara Haneda mengatakan bahwa titel ini merupakan kehormatan besar bagi mereka. Selain World’s Best Airport Cleanliness, bandara ini juga menduduki peringkat atas Best Airport PRM/Accessible Facilities dan World’s Best Domestic Airport.

Sebagai bandara hub dengan jaringan rute domestik dan internasional yang dinamis, Bandara Haneda memegang peranan penting di Jepang. “Selama pandemi, kami selalu menerapkan protokol ketat untuk keselamatan pelanggan, serta menyediakan fasilitas dan layanan terbaik,” tuturnya.

Baca juga: 10 Bandara Terbaik di Dunia 2021

Menjadi salah satu bandara tersibuk di Asia dan dunia, tidak membuat salah satu bandara terbesar di Tokyo ini mengabaikan kebersihan. Layaknya tahun-tahun sebelumnya, daftar tahun ini kembali didominasi oleh bandara Asia, dengan empat di antaranya berasal dari Jepang, karena Bandara Internasional Kansai kembali berhasil masuk sepuluh besar. Berikut 10 bandara paling bersih di dunia 2021:

Bandara Internasional Haneda (Jepang)
Bandara Internasional Changi (Singapura)
Bandara Internasional Narita (Jepang)
Bandara Internasional Hamad (Qatar)
Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)
Bandara Internasional Kansai (Jepang)
Bandara Internasional Chubu Centrair (Jepang)
Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)
Bandara Internasional Zurich (Swiss)
Bandara Internasional Taiwan Taoyuan (Taiwan)

Informasi selengkapnya, kunjungi World Airport Awards.