Saban tahun sejak 1999, Skytrax telah merilis daftar bandara-bandara terbaik di dunia. Penilaiannya berdasarkan pada pengalaman para penumpang mulai dari proses check-in, sistem imigrasi, kebersihan, hingga fasilitas hiburan. Penilaiannya pun dilakukan secara independen tanpa ada titipan sponsor.

Tahun ini, meski pengumumannya sedikit terlambat dibandingkan tahun lalu, World Airport Awards dipilih oleh pelanggan dalam survei kepuasan bandara global yang dilakukan dari Agustus 2020 hingga Juli 2021. Menariknya, Bandara Internasional Changi, sang juara bertahan selama delapan tahun berturut-turut terpaksa turun peringkat dan resmi menyerahkan tahtanya pada Bandara Internasional Hamad (HIA) Doha sebagai Bandara Terbaik Dunia 2021.

Selama pandemi, Skytrax agak kesulitan menilai bandara, mengingat adanya perbatasan perjalanan. Untuk mengatasi masalah tesebut, Skytrax membuat daftar kedua yang secara khusus menyebut bandara yang bekerja dengan baik dalam menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang baru.

Baca juga: 7 Bandara yang Dilengkapi Bioskop

Meskipun selama pandemi membuat sebagian bandara di dunia sepi dari hiruk pikuk wisatawan, namun Bandara Internasional Hamad Doha berhasil memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelancong yang datang. Wisatawan Qatar Airways yang memiliki penerbangan lanjutan dapat menikmati wisata kota gratis, akomodasi, dan makanan gratis (tergantung pada lama singgah), dan layanan transfer VIP. Karyawan maskapai juga memandu wisatawan di bandara untuk ke penerbangan lanjutan.

Sementara, daftar tahun ini tak banyak berubah. Bandara-bandara di Asia masih mendominasi daftar 10 besar. Bandara Internasional Haneda Tokyo dan Bandara Internasional Changi menduduki peringkat kedua dan ketiga. Mengekor di posisi keempat dan kelima adalah Bandara Internasional Incheon dan Bandara Internasional Narita Tokyo.

Lalu, di mana posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Tahun ini, Soetta berhasil naik satu peringkat dan berada di urutan ke-34. Prestasi yang terbilang cukup baik, karena berada di atas Bandara Internasional Auckland dan Bandara Internasional Taiwan Taoyuan. Berikut 10 bandara terbaik di dunia berdasarkan pilihan jutaan penumpang pesawat di dunia:

Bandara Internasional Hamad Doha (Qatar)
Bandara Internasional Haneda Tokyo (Jepang)
Bandara Internasional Changi (Singapura)
Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)
Bandara Internasional Narita (Jepang)
Bandara Internasional Munich (Jerman)
Bandara Internasional Zurich (Swiss)
Bandara Internasional Heathrow London (Inggris)
Bandara Internasional Kansai (Jepang)
Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)

Informasi selengkapnya, kunjungi www.worldairportawards.com.