Wisata Film di Dubrovnik

Tangga yang menjadi lokasi adegan walk of atonement Cersei Lannister dalam Game of Thrones.

Mengunjungi lokasi syuting empat film populer, dari Game of Thrones hingga Star Wars.

Oleh Cristian Rahadiansyah

Foto oleh Atet Dwi Pramadia

“Jika ingin melihat surga di muka bumi,” ujar dramawan George Bernard Shaw pada 1929, “datanglah ke Dubrovnik.” Konon, kalimat pujian inilah yang pertama kalinya meroketkan pamor Dubrovnik di atas peta wisata. Tapi kota pesisir di selatan Kroasia ini sejatinya tak cuma memikat turis. Berkat keindahan bangunan tuanya, terutama yang bertaburan di kawasan Kota Tua, Dubrovnik juga rutin dipakai oleh rumah-rumah produksi besar untuk menggelar syuting film. Berikut empat film yang merekam sebagian adegannya di sini.

Rangkaian foto dokumentasi proses syuting Game of Thrones di Kinematografi, tempat yang merekam perjalanan Dubrovnik sebagai lokasi syuting film.

Game of Thrones

Dalam serial laris ini, Kota Tua Dubrovnik dijadikan latar sebuah kerajaan terkuat yang dinamai King’s Landing, sementara Lokrum, pulau kecil di seberang Kota Tua, dipakai sebagai latar kota Qarth. Berkat Game of Thrones, serial yang pada tahun lalu mendulang 31 juta penonton per episodenya, tingkat kunjungan turis ke Dubrovnik melonjak sekitar 10 persen. Menyambut tren tersebut, banyak toko di sini menjajakan suvenir bertema Game of Thrones dan banyak operator menawarkan paket wisata bertema serial HBO tersebut.

Kiri-kanan: Suvenir yang menampilkan wajah Jon Snow, karakter utama dalam Game of Thrones, di sebuah toko suvenir di Kota Tua Dubrovnik; replika Iron Throne, singgasana keramat dalam Game of Thrones, yang ditempatkan di Pulau Lokrum.

Fan

Pada Mei 2015, rumah produksi Bollywood merekam sebagian adegan Fan di Dubrovnik. Tak lama setelah film laga yang dibintangi Shah Rukh Khan itu tayang, kota ini mulai kedatangan turis India. Seorang penggemar Shah Rukh Khan bahkan memajang boneka tokoh pujaannya itu sedang mengendarai sepeda motor di bekas lokasi syuting di Dubrovnik.

Salah satu jalan batu yang dipenuhi restoran dan kafe di Kota Tua Dubrovnik.

Star Wars: The Last Jedi

Selain di Irlandia, Inggris, dan Bolivia, film arahan Rian Johnson ini disyuting di Dubrovnik, persisnya dari 9-16 Maret 2016. Guna menghemat anggaran, rumah produksi umumnya memang merekam adegan pada musim dingin atau persis setelahnya, apalagi di musim-musim lainnya jalan-jalan Dubrovnik sesak oleh turis dan meja restoran. Dalam Star Wars, Dubrovnik dijadikan latar Canto Bight, sebuah kota kasino favorit para jutawan penghuni galaksi.

Sebuah kapal pesiar melego jangkar di perairan Dubrovnik, tak jauh dari Pulau Lokrum.

Robin Hood

Dalam film yang akan diluncurkan pada 21 September 2018 ini, karakter Robin Hood diperankan oleh Taron Egerton, sementara Little John oleh Jamie Foxx. Mayoritas adegan Robin Hood direkam di Hungaria, sementara Dubrovnik dijadikan latar Nottingham. Sebuah insiden sempat menodai proses syuting yang berlangsung pada Februari 2017 itu. Saat sedang makan malam di sebuah restoran di Dubrovnik, Jamie Foxx mengalami perlakukan rasis dari dua orang pria.



Comments

Related Posts

2718 Views

Book your hotel

Book your flight