Pelancong internasional yang tiba di Abu Dhabi kini wajib mengenakan gelang pelacak khusus. Gelang tersebut akan langsung diberikan kepada pelancong yang tiba di semua titik masuk Abu Dhabi, dan harus dipakai sampai turis menyelesaikan isolasi mandiri 14 hari sebagai bagian dari rencana untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pihak berwenang juga mengatakan bahwa gelang elektronik tersebut akan membantu petugas untuk memantau pelancong selama masa karantina. Jika pengguna gelang tidak mematuhi instruksi atau prosedur, maka akan dikenakan denda. Inisiatif ini pertama kali diluncurkan pada Juni 2020 oleh Etihad Airways, sebagai bagian dari protokol kesehatan dan sekarang sudah mulai diadopsi oleh banyak pihak di Abu Dhabi.

Seperti negara lain, Uni Emirat Arab juga sedang mengalami kenaikan kedua dalam kasus corona setelah penurunan dalam beberapa bulan terakhir. UEA mencatat jumlah kasus harian baru tertinggi terjadi pada 12 September lalu.

Baca juga: Dubai Perketat Aturan

Mereka telah memperkenalkan sejumlah cara inovatif untuk meminimalisir Covid-19 di Bandara Internasional Abu Dhabi, mulai dari mengerahkan anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi Covid-19 pada penumpang, dan mewajibkan seluruh turis yang tiba di Abu Dhabi untuk melampirkan hasil tes PCR negatif kepada petugas bandara.