Stasiun Kereta Terbesar di Asia

Dua tahun lagi, Beijing akan miliki stasiun terbesar di Asia. (Foto ilustrasi/Free Images)

Selain Dubai, Beijing menjadi salah satu kota di Benua Asia yang seolah tak pernah berhenti berinovasi. Kedua kota ini kerap berlomba-lomba memperlihatkan teknologi terbaru kaya gelar, mulai dari terbesar, termahal, hingga tertinggi.

Setelah mendirikan bandara terbesar di jagat, kini Ibu Kota Republik Rakyat Tiongkok tersebut sedang mempersiapkan pembangunan stasiun kereta terbesar di Asia. Alih-alih menggunakan lahan baru, proyek ini akan melakukan rekonstruksi pada Stasiun Kereta Fengtai Beijing.

Tadinya, stasiun yang ditutup sejak 2010 silam ini merupakan stasiun kecil yang melayani kereta penumpang dan kereta barang. Proyek masif yang dikelola oleh kontraktor China Railway Construction Engineering Group tersebut nantinya bakal memiliki tujuh lantai dengan empat lantai di atas tanah dan tiga lantai di bawah tanah. Mencakup area seluas 398.800 kilometer persegi, stasiun bisa menampung hingga 14.000 penumpang.

Bakal selesai pada 2020 mendatang, stasiun yang melayani kereta jalur Beijing-Guangzhou; Beijing-Kowloon; Beijing-Shijiazhuang; hingga layanan kereta pinggiran kota tersebut bakal bertransformasi menjadi pusat transportasi utama. Selain itu, stasiun yang terletak di Distrik Fengtai ini juga diharapkan bisa mengurangi kemacetan, memfasilitasi transportasi ke Xiongan New Area, dan mempromosikan kawasan Beijing-Tianjin-Hebei.

Comments