Pemenang Tahap Satu Kontes Foto SWPA

Indonesia raih posisi pertama di kategori Open-Motion.

DestinAsian Indonesia
Salah satu foto di kategori Open karya Manuel Armenis asal Jerman.

Usai menyeleksi 320.000 foto kiriman fotografer, pada 20 Maret 2018 panitia Sony World Photography Awards 2018 (SWPA) mengumumkan para pemenang di kategori Open dan National Awards.

Kategori Open terdiri dari 10 sub-kategori, di antaranya Motion, Travel, Still Life, dan Portraiture. Beberapa jawaranya adalah Panos Skordas (Culture), Veselin Atanasov (Landscape & Nature), Nick Dolding (Portraiture), serta Mikkel Beiter (Travel). Berita menggembirakan bagi Indonesia, Fajar Kristianto sukses menyabet posisi puncak di kategori Motion.

DestinAsian Indonesia
Foto seorang wanita bersama anjingnya karya fotografar Thailand, Thanasorn Janekankit yang masuk kategori Thailand National Award.

Fajar Kristianto, fotografer asal Depok, sukses menyabet prestasi itu lewat foto berjudul The Highest Platform yang menampilkan seorang atlet sedang melompat dari platform tertinggi Stadion Akuatik di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta. “Foto ini merayakan pergelaran Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan di Agustus di Jakarta dan Palembang,” jelas Fajar dalam siaran pers SWPA.

Atas prestasinya, The Highest Platform akan dimuat dalam buku berisi seluruh foto pemenang SWPA, serta dipamerkan dalam Sony World Photography Awards Exhibition di London dari 20 April-6 Mei 2018. Selain itu, Fajar akan diberangkatkan ke London pada 19 April 2018 untuk bersaing dengan sembilan pemenang kategori Open lain dalam memperebutkan titel Open Photographer of the Year dengan hadiah utama uang sebesar $5.000.

DestinAsian Indonesia
Salah satu foto pemenang Bangladesh National Award karya Md.Tofazzal Hossain.

Seluruh kontestan kategori Open otomatis berlaga di National Awards, yakni penghargaan foto terbaik berdasarkan negara peserta. Untuk Indonesia National Award, peringkat pertama kembali diduduki oleh Fajar Kristianto, disusul oleh Ares Jonekson Saragi asal Bogor dan Hardijanto Bujiman dari Serpong. Satu catatan untuk kategori National Award, subjek foto bisa berada di mana saja, tidak mesti di negara asal si fotografer. Kyaw Win Hlaing, fotografer asal Myanmar, berhasil meraih posisi kedua Myanmar National Award lewat foto Gunung Bromo.

DestinAsian Indonesia
Foto Hayder Museum karya Abdulla AL-Mushaifri.

SWPA digelar sejak 2007 oleh World Photography Organisation. Tahun ini, juri yang terlibat antara lain Mike Trow, Redaktur Foto British Vogue; Naomi Cass, Direktur Centre for Contemporary Photography, Australia; serta Philip Tinari, Direktur Ullens Center for Contemporary Art, Tiongkok. SWPA menawarkan empat kategori: Professional, Youth (usia 12-19 tahun), Student Focus (mahasiswa jurusan fotografi), serta Open yang mencakup National Awards. Pemenang di kategori Professional akan diumumkan pada 19 April 2018.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Sony World Photography Awards.

Comments