Bandara Baru Vietnam Resmi Dibuka

Bandara ini dirancang menjadi gerbang bagi para pelancong yang ingin berlibur ke Halong Bay.

Halong Bay merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Vietnam. Ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada 1994, tempat ini menawarkan keindahan alam yang terdiri dari 1.600 bukit karst. Cara terbaik menjelajahinya adalah dengan menggunakan perahu. Selain pantai dan alam yang indah, kawasan ini juga menawarkan biodiversitas beragam. Berjarak 170 kilometer dari Hanoi, tempat ini biasanya dijangkau turis dengan berkendara selama empat jam menggunakan mobil atau bus.

Guna memudahkan pelancong yang ingin berkunjung ke Halong Bay, pada akhir Desember 2018 silam, perusahaan Sun Group meresmikan bandara terbaru di Vietnam yang menelan biaya hingga $350 juta. Berlokasi di provinsi Quảng Ninh, Bandara Internasional Van Don hanya berjarak 50 kilometer dari Teluk Halong. Sehingga, wisatawan mancanegara dapat melakukan perjalanan langsung ke Halong Bay, tanpa perlu transit di Hanoi.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Populer di Vietnam5 Aktivitas Wajib di Phuket

Bandara internasional swasta pertama sekaligus diklaim sebagai bandara paling modern di Vietnam tersebut diperkirakan akan menerima sekitar 2-2,5 juta penumpang per tahun untuk dua tahun ke depan, dan lima juta pada 2030.

Menariknya lagi, selain bandara, Sun Group juga bakal meluncurkan dua proyek lainnya di Quảng Ninh demi meningkatkan pariwisata kota, yaitu Halong-Van Don Highway dan Halong International Cruise Port. Jalan raya ini dirancang untuk mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Van Don ke Halong, menjadi kurang dari 50 menit. Sementara pelabuhan yang terletak di Halong dapat menampung dua kapal pesiar sekaligus, dan total 8.460 penumpang (termasuk awak kapal).

Informasi selengkapnya, kunjungi Bandara Internasional Van Don.

Comments