8 Tempat Wisata Memikat di Jerman

Daftar destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Jerman.

“Jerman punya beragam tawaran, mulai dari Situs Warisan Dunia hingga wisata budaya” ungkap Hoy Yuen Chun. Kepada Karina Anandya, Director of Marketing & Sales German National Tourist Office for ASEAN ini merekomendasikan delapan destinasi di Jerman.

Stuttgart
Kota ini punya posisi penting dalam peta industri otomotif dunia. Mercedes-Benz, Porsche, dan Daimler AG menancapkan kantor pusatnya di sini, begitu pula perusahaan suku cadang Bosch dan Mahle. Tak heran, Stuttgart mengembangkan “wisata otomotif.” Di antara museum-museum andalan kota, dua yang cukup populer adalah Mercedes-Benz Museum dan Porsche Museum. Daya tarik lain kota ini adalah taman-taman publiknya, contohnya Rosenstein Park dan Killesberg Park. “Warga setempat dikenal suka menghabiskan waktu luang di taman,” ucap Hoy Yuen.

Nuremberg
“Kota favorit saya,” ujar Hoy Yuen tentang Nuremberg, kota terbesar kedua di Negara Bagian Bavaria. Bagi Hoy Yuen, yang baru setahun menjabat Director of Marketing & Sales German National Tourist Office, Nuremberg tak ubahnya mesin waktu yang melemparkan kita ke Abad Pertengahan melalui koleksi bangunan tuanya. Kendati demikian, penting diingat banyak bangunan di sini pernah direnovasi. Pada Perang Dunia II, Nuremberg hancur akibat hujan bom. Kota ini memang masuk daftar target pasukan Sekutu lantaran peran strategisnya bagi Nazi. Di sinilah Hitler menggelar parade akbar tahunan, mengerek banyak kantor, serta mendirikan pabrik-pabrik Alutsista.

Cologne
Agenda wisata di sini, menurut Hoy Yuen, wajib mencantumkan kunjungan ke Katedral Cologne, landmark ikonis kota yang juga anggota Situs Warisan Dunia. Gereja gotik yang tingginya tiga kali Candi Prambanan ini dikonstruksi bertahap selama enam abad sejak 1248. Usai mengagumi arsitektur katedral, saran Hoy Yuen, “lanjutkan perjalanan dengan mengeksplorasi Sungai Rhine.” Kita bisa menaiki kapal pesiar yang melayani tur sungai, atau sekadar duduk-duduk di taman di bantaran sungai sembari menyaksikan panorama kota dan berbaur dengan warga lokal. Sebelum pulang, sempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas kota, 4711 Original Eau de Cologne, parfum legendaris yang diramu pertama kali pada abad ke-18 dan telah dipakai oleh sejumlah selebriti dunia

Frankfurt
Buku dan mobil adalah dua asosiasi jamak publik tentang Frankfurt. Pameran otomotif terbesar (Frankfurt Motor Show) dan bursa buku terbesar (Frankfurt Book Fair) digelar di sini. Tapi kita tak perlu menanti kedua ajang itu untuk berkunjung. Frankfurt punya banyak tawaran yang bisa dinikmati setiap waktu. Tur di sini umumnya mencakup kunjungan ke rumah penulis Goethe, berbelanja di Zeil yang dijuluki Fifth Avenue versi Jerman, serta mencicipi wine apel Apfelein. “Bagi turis yang baru pertama kali ke Jerman,” saran Hoy Yuen, “kunjungi Frankfurt.”

Comments