7 Tempat Belanja Ala Lokal di Hong Kong

  • Toko-toko berderet di Tai Ping Shan Street.

    Toko-toko berderet di Tai Ping Shan Street.

  • Salah satu sudut Apliu Street yang terkenal akan barang-barang elektroniknya.

    Salah satu sudut Apliu Street yang terkenal akan barang-barang elektroniknya.

  • Island Beverly Center, mal mini yang terkenal di kalangan remaja.

    Island Beverly Center, mal mini yang terkenal di kalangan remaja.

  • Tai Po Market tempat warga berbelanja sekaligus melakukan wisata kuliner.

    Tai Po Market tempat warga berbelanja sekaligus melakukan wisata kuliner.

Click image to view full size

Hong Kong adalah surganya belanja. Mal dan pusat perbelanjaan terserak di seantero kota. Tapi di manakah tempat belanja yang paling riil di kota tersebut? Kami bertanya kepada tujuh figur berpengaruh di kota ini tentang tempat belanja non-mainstream dan memiliki sentuhan lokal yang kental.

Wawancara oleh Cristian Rahadiansyah dan Reza Idris
Foto oleh Anastasia Darsono

Tai Ping Shan Street, Sheung Wan.

Tai Ping Shan sejatinya nama sebuah distrik tua. Di kawasan inilah warga lokal dikumpulkan usai kedatangan Inggris pada 1840-an. Dalam beberapa tahun terakhir, Tai Ping Shan menjelma jadi kawasan paling bernyawa di kaki Victoria Peak, dan tempat terbaik untuk menikmati tawarannya tentu saja Tai Ping Shan Street. “Jalan ini dihuni bermacam toko dan butik independen,” jelas Aries.

Direkomendasikan oleh Aries Sin, perancang busana yang ditempatkan di jajaran Next Generation of Design Talent versi majalah Prespective. Wanita ini juga dikenal berkat rancangannya yang berkarakter androgini.

Canton Road

Jalan raya utama yang menghubungkan Tsim Tsa Shui dan Mong Kok ini bagaikan jalur suci bagi penggemar belanja. Mal-mal besar bersemayam di tepinya, begitu pula butik-butik busana ternama dunia. “Kita bisa mendapatkan apa saja, mulai dari barang bermerek hingga kebutuhan sehari-hari,” jelas Jade. Berkat tawarannya yang lengkap itu pula, Canton Road rutin diserbu turis. “Saking banyaknya orang asing, saya kadang merasa sedang tidak berada di Hong Kong,” tambahnya.

Direkomendasikan oleh Jade Lui, selebriti kelahiran Hong Kong yang juga produser acara memasak di televisi.

Tai Po Market, New Territories.

Mal bertaburan di Hong Kong, tapi bagi Michael, kehidupan riil kota ini berdenyut paling kencang di pasar tradisional. Salah satu favoritnya adalah Tai Po Market. “Selain sebagai tempat belanja, pasar ini adalah tempat favorit saya untuk membuat sketsa tentang Hong Kong,” jelasnya. Berkat koleksi jajanannya yang beragam, Tai Po Market rutin menjadi persinggahan utama dalam paket-paket wisata kuliner.

Direkomendasikan oleh Michael Sloan, ilustrator dan seniman andal asal Amerika Serikat yang kini menetap di Hong Kong. >>



Comments

Related Posts

5510 Views

Book your hotel

Book your flight