6 Agenda Wisata di Awal 2019

Sejumlah acara besar membuka 2019, termasuk bursa seni baru di Taipei dan pesta kuliner di St. Moritz.

Aneka sajian lezat yang disajikan oleh para koki dunia pada acara St. Moritz Gourmet Festival. (Foto: St. Moritz Gourmet Festival)

St. Moritz Gourmet Festival
Jadwal: 11-19 Januari 2019
Lokasi: St. Moritz, Swiss
Pada medio abad ke-19, St. Moritz memulai demam wisata ski di Pegunungan Alpen. Pada 1994, kawasan ini mencetuskan inisiatif baru untuk menjala segmen pencinta kuliner, yakni St. Moritz Gourmet Festival, ajang yang mendatangkan koki-koki berbakat dari banyak negara. stmoritz-gourmetfestival.ch.

Digelar lebih dari sebulan, Korea Grand Sale menghadirkan ratusan perusahaan yang akan memberikan diskon gila-gilaan kepada turis. (Foto: Visit Korea Year)

Korea Grand Sale
Jadwal: 17 Januari-28 Februari 2019
Lokasi: Seoul, Korea Selatan  
Merayakan usia satu dekade, Korea Grand Sale menjanjikan lebih banyak diskon dan bonus bagi turis asing, termasuk untuk transaksi tiket pesawat, hotel, restoran, bahkan menyewa penerjemah dan pemandu. Acara ini berlangsung di Seoul dan kota-kota utama di Negeri Ginseng. koreagrandsale.co.kr.

Salah satu instalasi Liang Gallery di Taipei Dangdai. (Foto: Taipei Dangdai)

Taipei Dangdai
Jadwal: 18-20 Januari 2019
Lokasi: Taipei, Taiwan
Magnus Renfrew, mantan direktur Art Basel Hong Kong, mendirikan bursa seni baru Taipei Dandai. Dalam acara yang akan dilangsungkan di Taipei Nangang Exhibition Center ini, setidaknya 90 galeri sudah menyatakan kehadirannya, termasuk dua asal Indonesia: ROH Projects dan Gajah Gallery. taipeidangdai.com.

Fringe World Festival digadang-gadang sebagai acara tahunan terbesar di Australia Barat. (Foto: Fringe World Festival)

Fringe World Festival
Jadwal: 18 Januari-17 Februari 2019
Lokasi: Perth, Australia
Fringe World diklaim sebagai ajang tahunan terbesar di Western Australia. Tahun lalu, hampir satu juta orang menghadirinya. (Populasi Western Australia hanya 2,5 juta jiwa.) Sesuai namanya, acaranya gado-gado: lawak, sirkus, teater, konser, serta pentas dansa dan kabaret—semua akan disebar di lebih dari 100 tempat di Perth dan sekitarnya, termasuk Fremantle dan Midland. fringeworld.com.au.

Rute terjal yang harus dilewati oleh peserta Hong Kong 100 Ultra Trail Race. (Foto: Michael Tsang)

Hong Kong 100 Ultra Trail Race
Jadwal: 19 Januari 2019
Lokasi: Hong Kong
Dari garis start di Pak Tam Chung, ajang lintas alam ini akan membawa pesertanya mengarungi pantai, hutan purba, waduk, serta perbukitan terjal di Semenanjung Sai Kung. Rutenya membentang 103 kilometer dengan tingkat elevasi akumulatif 5.300 meter. hk100-ultra.com.

Singapore Art Week menggelar lusinan pameran, tur seni, hingga festival cahaya menarik. (Foto: Gillman Barracks/National Arts Council of Singapore)

Singapore Art Week
Jadwal: 19-27 Januari 2019
Lokasi: Singapura
Jika di Yogyakarta ada ajang tandem ArtJog dan Jogja Art Weeks, maka Singapura punya paket duet Singapore Art Week dan Art Stage. Singapore Art Week akan menanggap lusinan pameran, tur seni, serta diskusi dan presentasi. Satu suguhannya yang menarik ialah permainan cahaya Light to Night Festival di Civic District dan Marina Bay. artweek.sg.

Comments