Usai melonggarkan lockdown beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India tak mau gegabah dan tetap mengendalikan penyebaran wabah Covid-19.

Baru-baru ini, pemerintah Inda resmi mengeluarkan peraturan baru terkait kedatangan turis internasional. Nantinya, seluruh wisatawan mancanegara yang tiba di India mulai Juli 2020, harus menjalani karantina mandiri wajib selama 14 hari.

Regulasi baru tersebut menyebutkan bahwa sebelum menaiki kapal atau pesawat, seluruh pelancong harus bersedia untuk melakukan karantina. Periode karantina tersebut mencakup tujuh hari karantina institusional berbayar dengan biaya sendiri, diikuti dengan tujuh hari isolasi di rumah dengan pemantauan kesehatan diri.

Untuk mempermudah, turis disarankan untuk mengunduh aplikasi Aarogya Setu di perangkat seluler mereka. Kemudian mereka dapat langsung mengisi formulir pernyataan dan memperlihatkannya kepada petugas kesehatan dan imigrasi.

Baca juga: Inggris Wajibkan Karantina Bagi Turis

Saat tiba di bandara atau pelabuhan, suhu tubuh penumpang akan dicek oleh petugas kesehatan. Apabila memiliki gejala Covid-19, penumpang akan segera dibawa ke fasilitas medis sesuai protokol kesehatan. Jika tidak, mereka harus tetap menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.