Tur Emas ke Perut Bendigo

Rongga-rongga di perut Bendigo terus ditelusuri manusia, walau kali ini bukan untuk memburu logam mulia, melainkan melacak sejarah kejayaan kota.

Koleksi wine di Wine Bank, sebuah toko khusus untuk wine.
Kiri-kanan: Hidangan selada di Mason, salah satu restoran tersohor di Bendigo; hidangan lain dari menu di Mason.

Tipikal kota-kota kecil di Negeri Kanguru, geliat kehidupan di Bendigo meredup secara tiba-tiba saat senja datang. Pemandangan berbeda berlangsung di Masons of Bendigo, restoran yang belakangan jadi bahan perbincang-an usai memenangkan Golden Plate Awards. “Belum akhir pekan, tapi resto-ran ini penuh. Ini bukan tempat yang biasa,” ujar Claire, teman asal Bendigo yang kini menetap di Indonesia. Karena tidak begitu lapar, kami memesan scallops Florentine panggang dan labu bakar.

Malam kian larut. Di luar restoran, sepi merasuk cepat. Kisah emas telah ditutup, tapi Bendigo belum kehilangan pesonanya untuk memikat pendatang.

DETAIL
Bendigo

Rute
Bendigo berjarak sekitar 130 kilometer ke arah barat laut Melbourne, Ibu Kota Negara Bagian Victoria. Penerbangan dari Jakarta ke Melbourne dilayani oleh Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com) via Bali, dan oleh Qantas (qantas.com.au) via Sydney. Dari Melbourne, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bendigo dengan alat transportasi publik seperti kereta atau bus.

Kiri-kanan: Fasad Shamrock Hotel berbentuk bangunan kuno bergaya Victoria; interior dan furnitur bergaya Victoria di Shamrock Hotel.

Penginapan
Berjarak dekat dari Rosalind Park, The Hotel Shamrock (Corner of Pall Mall & Williamson Street, Bendigo; 03/5443-0333; hotelshamrock.com.au; doubles mulai dari $140) adalah pijakan ideal untuk mengeksplorasi kota. Penginapan bergaya Victorian ini menaungi 28 kamar dan dua bar yang cukup populer di kalangan warga lokal. Opsi lainnya adalah Fountain View Suites (10-12 View Street, Bendigo; 03/5441-7003; allawahbendigo.com; doubles mulai dari $170) yang menyuguhkan panorama pusat bisnis dan Rosalind Park.

Aktivitas
Sementara ini, Central Deborah Gold Mine (central-deborah.com) adalah satu-satunya bekas tambang emas bawah tanah yang terbuka untuk umum. Pengunjung dapat memilih beberapa opsi tur, mulai dari level dua hingga sembilan, dengan durasi paling singkat 75 menit dan tarif mulai dari $27,3. Tingkat kesulitan tiap paket bervariasi. Agar lebih hemat, tiket bisa dikombinasikan dengan Vintage Talking Tram, tur hop-on hop-off ke obyek-obyek wisata di kota, seperti taman dan bangunan bergaya Victorian yang masih tera-wat. Untuk menyaksikan masa lalu kota dari kaca-mata seniman, Bendigo Art Gallery (bendigoartgallery.com.au) wajib disambangi.

Diterbitkan pertama kali di majalah DestinAsian Indonesia edisi Juli/Agustus 2013. (“Heritage: Kilas Emas”).

Comments