Tiongkok Siapkan Taman Nasional Panda Raksasa

Taman khusus panda ini luasnya nyaris sebesar Taman Nasional Kruger yang ada di Afrika Selatan. (Foto: Ilona Froehlich)

Tiongkok kian gesit meningkatkan pariwisata di negaranya. Setelah membangun taman bermain vertikal pertama bertema filim di dunia, Negeri Tirai Bambu ini bakal segera memiliki Taman Nasional Panda Raksasa pertama pada awal 2020 mendatang.

Bersemayam di Sichuan, Taman Nasional Panda Raksasa ini akan menghubungkan 67 tempat konservasi panda raksasa yang ada di provinsi Sichuan, Shaanxi serta Gansu. Taman tersebut menempati lahan seluas 17.000 kilometer persegi—nyaris seluas Taman Nasional Kruger yang ada di Afrika Selatan.

Nantinya, tempat ini tak sekadar menjadi tempat wisata, namun juga akan menjadi kawasan rehabilitasi dan konservasi populasi panda di Tiongkok. Dan untuk menjaga kenyaman panda, pihak Taman Nasional Panda Raksasa juga menjelaskan bahwa selama berada di dalam kawasan tersebut, turis dilarang berada terlalu dekat dan memberi makan panda, kecuali di bawah pengawasan petugas di area khusus.

Selain itu, tujuan lain Pemerintah Tiongkok adalah ingin meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat terhadap populasi panda yang kian rentan. Menurut data WWF, tercatat ada 1.864 panda yang tersebar di enam pegunungan Tiongkok. Jumlahnya semakin berkurang karena bencana alam dan aktivitas manusia seperti penebangan hutan dan pembangunan jalan.

Baca juga: 6 Taman Rekreasi Paling Aneh; 50 Tahun Taman Ismail Marzuki

Selain panda, beberapa spesies lain yang ada di taman nasional ini, salah satunya adalah monyet berhidung pesek. Mengutip dari China Daily, Director of China’s National Forestry and Grassland Administration’s Wildlife Protection Department, Yang Chao, menjelaskan bahwa taman nasional ini tidak hanya akan meningkatkan populasi satwa liar di wilayah tersebut, namun juga melindungi habitat mereka untuk keanekaragaman hayati yang lebih baik.

Comments