Beragam cara digagas pemerintah Thailand yang kini tengah bersiap untuk menyambut kedatangan turis. Salah satunya adalah meluncurkan aplikasi yang wajib diunduh seluruh turis yang datang ke Thailand. Bernama ThailandPlus, aplikasi ini akan melacak pergerakan pengguna dan menawarkan saran Covid-19 secara real time. Aplikasi ini juga akan memberi tahu wisatawan jika mereka melakukan kontak dengan seseorang yang menderita Covid-19, kemudian secara otomatis akan memberikan solusi untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

Semua pelancong yang telah menerima Sertifikat Masuk kemudian diminta untuk mengunduh Aplikasi ThailandPlus. Setibanya, mereka harus menunjukkan kode QR yang akan dipindai oleh otoritas Thailand. Wisatawan kemudian harus mengunggah foto terbaru yang tidak lebih dari satu bulan dan menerima kebijakan privasi. Selain itu, pengguna harus memasukkan nomor Certificate of Entry (COE) dan ID referensi yang diperoleh dari Kedutaan Besar Kerajaan Thailand.

Baca juga: Thailand Terapkan Pajak Masuk untuk Turis

Semua informasi yang dikumpulkan hanya digunakan untuk layanan kesehatan publik dan memantau wisatawan dengan cara yang tidak melanggar hak privasi pengunjung. Thailand memang telah membuka kembali perbatasannya, namun turis tetap harus mengikuti karantina 14 hari dan total empat kali tes PCR. Negara-negara berikut dapat mengunjungi Thailand tanpa visa hingga 45 hari:

Andorra, Australia, Austria, Belgia, Bahrain, Brasil, Brunei Darussalam, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Indonesia, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Kuwait, Latvia, Kerajaan Liechtenstein, Lituania, Luxembourg, Malaysia, Maladewa, Mauritius, Monako, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Oman, Filipina, Polandia, Portugal, Qatar, San Marino, Singapura, Republik Slowakia, Republik Slovenia, Spanyol, Afrika Selatan, Korea Selatan, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris Raya, Amerika Serikat, Peru, Hong Kong, dan Vietnam.

Informasi selengkapnya, kunjungi thailandplus.in.th/en/.