Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang selama berada di atas pesawat, pemerintah Thailand telah melarang seluruh maskapai untuk tidak lagi menyediakan layanan makanan dan minuman untuk sementara di penerbangan domestik. Bahkan, penumpang juga tidak diizinkan makan dan minum selama di perjalanan. Larangan tersebut dilakukan karena masker harus dikenakan setiap saat.

Namun dalam keadaan darurat atau kebutuhan, awak kabin diizinkan menyediakan air minum untuk penumpang di tempat terpisah. Ini adalah kedua kalinya pihak berwenang mengambil tindakan ini. Sebelumnya pemerintah telah menerapkan larangan ini pada 26 April dan mencabutnya pada 31 Agustus 2020.

Pemerintah Thailand juga telah menangguhkan keberadaan koran, majalah atau pamflet iklan di dalam pesawat—kecuali dokumen atau materi yang berkaitan dengan keselamatan. Meski begitu penumpang tetap diizinkan untuk membawa majalah atau buku sendiri ke dalam pesawat.

Baca juga: 3 Negara yang Kembali Lockdown

Menurut Penerbangan Sipil Otoritas Thailand (CAAT), kebijakan ini dilakukan karena waktu pembersihan pesawat setelah setiap perhentian penerbangan domestik sangat singkat, sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terpapar virus.

Informasi selengkapnya, kunjungi caat.or.th.