Selama pandemi, Amerika Serikat terbilang masih ramah turis dan belum melakukan pembatasan perjalanan. Bahkan, mereka tidak mewajibkan pengunjung untuk menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau menjalani karantina bagi pengunjung internasional. Sehingga, sampai saat ini, Amerika jadi salah satu negara dengan kasus Covid-19 tertinggi.

Mulai 26 Januari 2021, The US Centers for Disease Control (CDC) akan mewajibkan seluruh pengunjung dari luar negeri untuk melakukan tes Covid-19 paling lambat tiga hari sebelum keberangkatan. Peraturan baru ini juga berlaku bagi semua warga negara Amerika Serikat. Nantinya, hasil tes akan diperiksa oleh maskapai sebelum penerbangan.

Baca juga: Regulasi Baru Visa Amerika untuk Turis WNI

Alasan utama dibalik aturan baru ini adalah munculnya varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular dan mematikan. Meski Amerika terbilang sangat terlambat dalam menerapkan aturan ini, namun kemungkinan besar dengan adanya aturan baru ini akan bisa membantu meredakan jumlah kasus aktif domestik & impor yang terus meningkat selagi proses distribusi vaksin berjalan.

Informasi selengkapnya, kunjungi cdc.gov.