Singapura Segera Bikin Taman Terpanjang

Taman Lines of Life akan dilengkapi berbagai alat rekreasi.

Singapura bisa dibilang adalah Dubai-nya Asia Tenggara. Negeri ini tak pernah berhenti berinovasi menghadirkan lanskap-lanskap menarik. Setelah area Marina Bay dan Pulau Sentosa, pemerintahnya berencana untuk membangun taman kantilever (floating) terpanjang di dunia.

Idenya diambil dari taman kantilever ikonis Manhattan, High Line, yang memanfaatkan jalur kereta tak terpakai. Taman ini kelak akan dinamai Lines of Life dan desainnya digarap oleh firma arsitek Jepang Nikkei Sensei berkolaborasi dengan firma desain lanskap, Tierra. Keduanya akan bekerja sama dengan kontraktor Singapura, Arup Singapore. Rencananya proyek ini akan mengubah lanskap jalur kereta Keratapi Tanah Melayu menjadi taman multi fungsi lengkap dengan trek joging, jalur sepeda, serta masih banyak lagi.

Jika usai nanti, Lines of Life akan menjadi taman bergaya kantilever terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 24 kilometer dan 120 titik akses serta dilengkapi 21 teras yang menampung toilet dan tempat istirahat. Bandingkan dengan High Line di Manhattan yang cuma memiliki panjang 2,3 kilometer.

Rencananya, taman ini juga akan menghadirkan tema berbeda-beda di setiap zona. Misalnya, satu zona akan menampilkan panorama Bukit Timah Reserve Nature sementara lainnya akan memperlihatkan tema lampu kota dengan sistem pencahayaan interaktif.

Comments