Rute untuk Tour de France 2020 baru saja dirilis. Kejuaraan balap sepeda jarak jauh yang dirancang untuk pembalap sepeda profesional ini menjadi lomba sepeda paling bergengsi di dunia. Tahun depan, acara yang berlangsung sejak 1903 tersebut bakal dimulai pada Sabtu, 27 Juni hingga Minggu, 19 Juli 2020.

Untuk episode ke-107, Tour de France 2020 bakal melewati delapan pegunungan dan empat puncak, termasuk Alpen, Massif Central, Pirenia, Jura, dan Vosges. The Grand Départ akan dimulai dari Nice, dan tiga tahap pertama akan berakhir di Promenade des Anglais. Kemudian, lanjut ke rute Prancis bagian tengah menuju Pegunungan Pirenia, Loudenvielle dan Laruns yang terletak pada sebelah barat daya Prancis. Lalu, peserta bakal melewati perbukitan dan kota Grenoble, kemudian resor ski Méribel yang berada di Lembah Tarentaise, Pegunungan Alpen. Balapan berakhir di Champs-Élysées, Paris.

Baca juga: Bersepeda Jadi Lebih Nyaman di Amsterdam; 4 Lomba Lari Pilihan Pelari

Memiliki 21 tahapan selama 21 hari, Tour de France dianggap sebagai balap sepeda paling paling sulit di dunia. Biasanya, lomba ini diikuti oleh 20 hingga 22 tim. Saling populernya, acara ini menjadi magnet utama turis yang biasanya datang ke Prancis selama musim panas. Tiap tahun, kurang lebih ada 12 juta penonton yang menyaksikan langsung balap sepeda ini.

Informasi selengkapnya, kunjungi Tour de France.