Qantas resmi kembali mengoperasikan penerbangan penumpang internasional bebas karantina pertamanya, setelah hampir 600 hari pembatasan ketat di perbatasan. Sejak beberapa waktu lalu, Australia memang telah mencabut larangan warganya bepergian ke luar negeri, dengan syarat mereka sudah divaksinasi penuh, sehingga mereka tidak perlu lagi mengajukan surat izin untuk bepergian.

Penerbangan Qantas dengan nomor penerbangan QF12 dari Los Angeles mendarat di Sydney pada pukul 06:00 pada 1 November 2021, dengan penumpang yang divaksinasi penuh di dalam pesawat tidak lagi harus menjalani persyaratan karantina setibanya di Australia. Setelah itu, penerbangan QF1 juga telah berangkat dari Sydney ke London melalui Darwin pada pukul 18:30.

Seluruh penumpang pada penerbangan ini harus divaksinasi lengkap, meskipun pelancong di bawah usia 12 tahun, kecuali mereka yang berusia 12-17 yang bepergian bersama keluarga atau wali. Awalnya penerbangan ini akan dibatasi untuk warga negara Australia, penduduk tetap dan keluarga dekat sesuai dengan persyaratan pemerintah Australia. Namun tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan, turis asing dapat kembali datang ke Australia.

Qantas mengajukan dimulainya kembali penerbangan internasional menyusul keputusan pemerintah untuk membuka perbatasan mulai awal bulan. Maskapai ini telah melakukan penerbangan repatriasi selama pandemi, dan juga beroperasi di bawah pengaturan gelembung perbatasan sementara dengan Selandia Baru pada awal tahun.

CEO Qantas Group Alan Joyce mengatakan bahwa mereka bisa kembali mengudara lebih awal berkat kesediaan masyarakat untuk divaksinasi. Sehingga memungkinkan pemerintah Federal, NSW, dan Victoria untuk membuka perbatasan Australia dan menghapus persyaratan karantina untuk pelancong yang divaksinasi sepenuhnya.

Baca juga: 8 Destinasi Menarik di Australia

“Perjalanan internasional mungkin akan terasa sedikit berbeda untuk sementara waktu dengan beberapa persyaratan dan pedoman baru, tetapi satu hal yang tidak berubah adalah komitmen Qantas terhadap keselamatan dan layanan premium,” ujarnya.

Informasi selengkapnya, kunjungi Qantas.