Phuket Bakal Diisolasi Selama Sebulan

Akibat virus corona, pemerintah kota resmi isolasi pulau Phuket selama sebulan. (Foto: Deepain Jindal)

Meskipun sampai saat ini Thailand belum mengumumkan isolasi wilayah, dan baru membatasi akses masuk turis atau pendatang, namun mulai 30 Maret hingga 30 April 2020, pulau Phuket resmi diisolasi.

Dilansir dari Bangkok Post, Gubernur Phuket, Pakkapong Taweepat mengatakan bahwa pulau yang terkenal sebagai objek wisata di Thailand tersebut bakal ditutup selama sebulan demi menahan penyebaran virus corona. Sehingga, seluruh moda transportasi ke pulau itu dilarang kecuali kapal kargo, kapal darurat medis dan kapal yang berisi kebutuhan dasar.

Provinsi di bagian selatan ini menjadi wilayah pertama yang melakukan tindakan seperti itu. Pembatasan akses ke pulau itu menegaskan langkah darurat yang diambil pemerintah kota selain menutup bisnis-bisnis yang tidak penting dan melarang perjalanan antarprovinsi.

Phuket diketahui menjadi wilayah dengan kasus corona terbesar di Thailand, diikuti oleh Pattaya dan Bangkok. Dikutip dari worldometers.info, hingga Senin, 30 Maret 2020, kasus di Thailand naik menjadi 1.524, dengan total tujuh orang meninggal.

Baca juga: Daftar Destinasi yang Diisolasi Akibat Wabah Virus Corona; Indonesia Batasi Kedatangan Turis Asing

Phuket diperkirakan akan menjadi salah satu provinsi yang paling parah terkena dampak wabah karena sangat tergantung dari industri pariwisata. Selain itu, lonjakan kasus dalam beberapa hari terakhir menimbulkan kekhawatiran bahwa rumah sakit di beberapa daerah mungkin tidak dapat menangani sejumlah besar pasien.

Tags : Phuket
Comments