Situs yang terkenal di Perth adalah Fremantle. Kota pelabuhan yang didirikan oleh koloni Swan River pada 1829 ini memiliki banyak sekali bangunan kuno serta dapat dijangkau menggunakan kereta api. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di wilayah ini adalah Fremantle Market (Corner South Terrace & Henderson Street, Fremantle; 61-8/9335-2515; fremantlemarkets.com.au) yang buka hanya di akhir pekan. Fasadnya adalah bangunan kuno yang dibangun pada 1897 dan di dalamnya bisa Anda temukan 150 kios dengan berbagai macam barang dagangan seperti buah, sayur, kopi mentah, kerajinan tangan, suvenir khas Australia hingga kosmetik organik. Biasanya, pasar ini menjadi tempat berburu oleh-oleh bagi para turis. Saya jadi teringat akan Pasar Chatuchak di Bangkok.

Michele’s Crepe di dalam Fremantle Market yang sudah melayani pelanggan selama 21 tahun.

Sebagai pencinta kopi, perhatian saya mudah sekali tergoda oleh kedai kopi. Kali ini kedai mini dengan warna biru bernama Michele’s Crepes Suzette yang menyita perhatian saya. Terletak di dalam pasar, kedai ini telah melayani para pelanggannya sejak 21 tahun lalu; dan sesuai dengan namanya, mereka menyajikan crepe sebagai makanan andalan. Berdasarkan obrolan saya dengan warga lokal, mereka menyarankan untuk mencoba roti dadar tipis tersebut dengan cokelat sebagai isiannya. Kuenya lembut dan cokelatnya meleleh di mulut. Saya mengimbangi rasa manisnya dengan secangkir kopi pahit. Nikmat.

Salah satu gerbang Fremantle Prison.

Tak hanya makan dan mencoba kopi di berbagai kafe, mumpung masih di area Fremantle, saya juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Fremantle Prison (1 The Terrace, Fremantle; 61-8/9336-9200; fremantleprison.com.au) yang letaknya hanya 200 meter dari pasar. Sebagai salah satu gedung bersejarah di Fremantle, bangunan yang didirikan tahun 1850-an ini tak pernah sepi pengunjung baik siang maupun malam. Malah, banyak yang datang di malam hari untuk mengikuti Torchlight Tour—atau lebih dikenal dengan Ghost Tour—di satu-satunya bangunan bersejarah di Western Australia yang masuk daftar World Heritage UNESCO ini. Dalam tur uji nyali itu, pemandu akan memakai kostum sipir penjara dan mengajak tamu berkeliling bangunan; dan bila beruntung—tergantung persepsi Anda—tamu bisa “bertemu” dengan makhluk halus yang menghuni penjara tersebut. Seandainya wisata malam di Lawang Sewu, Semarang dikemas seperti ini.

DETAILS
Perth

Rute
Rute penerbangan ke Perth dilayani Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com) dari Jakarta maupun Denpasar hampir tiap hari. Maskapai AirAsia (airasia.com), Virgin Australia (virginaustralia.com) dan JetStar (jetstar.com) juga melayani penerbangan langsung ke Perth dari Denpasar.

Akomodasi
Jika Anda menyukai akomodasi paripurna, Hyatt Regency Perth (99 Adelaide Terrace, Perth; 61-8/9225-1234; perth.regency.hyatt.com; doubles mulai dari $280) bisa dijadikan opsi pertama. Untuk yang menyukai desain lebih modern, Fraser Suite (10 Adelaide Terrace, Perth; 61-8/9261-0000; perth.frasershospitality.com; doubles mulai dari $266) bisa jadi pilihan. Tapi bila Anda menyukai bangunan lawas, maka Esplanade Hotel Fremantle by Rydges (Marine Terrace, Freemantle, Perth; 61-8/9432-4000; esplanadehotelfremantle.com.au; doubles mulai dari $218) lebih cocok untuk Anda.