Sistem otorisasi perjalanan baru akan diperkenalkan di Eropa mulai 2022 mendatang. Turis dari luar Schengen diwajibkan untuk mendaftar secara online melalui Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa (European Travel Information and Authorization System/ETIAS) sebelum berkunjung.

Cara kerjanya hampir sama dengan US ESTA, yang melakukan pemeriksaan keamanan otomatis sebelum mengizinkan pengunjung masuk ke negaranya. Pendaftaran akan menelan biaya €7 dan berlaku selama tiga tahun. Nantinya, maskapai juga akan memeriksa paspor sebelum naik pesawat.

Selain itu, beberapa negara di Eropa seperti Italia juga memberlakukan persyaratan karantina dan wajib melampirkan hasil tes PCR yang dilakukan tidak lebih dari 72 jam sebelum kedatangan. Italia juga mewajibkan pemakaian masker di ruang publik.

Baca juga: Regulasi Baru Masuk Italia

Sedangkan di Spanyol, meskipun tidak ada aturan lockdown baru yang diberlakukan, kini banyak wilayah di Spanyol yang dikunci saat kasus Covid-19 kian melonjak. Madrid juga telah memberlakukan undang-undang pembatasan perjalanan, pertemuan di luar dibatasi hanya untuk enam orang, serta bar dan restoran hanya diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 50 persen dan tutup pukul 23:00.

Informasi selengkapnya, kunjungi etias.com.