Trayek Medan-Bali ini beroperasi empat kali per pekan: Jumat, Minggu, Senin, dan Rabu. (Foto: Isabel Lee)

Warga Sumatera Utara akan punya alternatif baru untuk terbang ke Bali. Pada 8 Juli 2022, AirAsia akan memulai penerbangan langsung Medan-Bali. Sebelumnya, rute tanpa transit ini hanya dilayani oleh Lion Air.  

Trayek Medan-Bali ini beroperasi empat kali per pekan: Jumat, Minggu, Senin, Rabu. Berdasarkan situs web AirAsia, durasi penerbangannya tiga jam 25 menit. Lebih singkat dibandingkan Lion Air yang menembus empat jam. 

Untuk penerbangan langsung Medan-Bali ini, AirAsia menggunakan pesawat Airbus A320 yang berkapasitas 180 penumpang. Sementara Lion Air memakai Boeing 737. 

“Kami sangat bersyukur dapat menjadi bagian dalam upaya memajukan pariwisata Indonesia, khususnya Bali dan Sumatera Utara sebagai destinasi utama yang memiliki banyak peminat di kalangan wisatawan mancanegara,” ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, dalam siaran persnya. 

Selain penerbangan langsung Medan-Bali, AirAsia mengumumkan peluncuran dua rute domestik baru lainnya, yakni rute Medan-Bandung yang dioperasikan mulai 21 Juli, serta Balikpapan-Bali yang dimulai pada 7 Juli. —Aisha Amira